0 komentar

Penjelasan Terhadap Situs Katolik Ini


Yoh 10:11 "Akulah gembala yang baik. Gembala yang baik memberikan nyawa-Nya bagi domba-dombanya"

Lukas 1:38  "Sesungguhnya aku ini hamba Tuhan; jadilah padaku menurut perkataanmu itu

Bapa Suci Paus Santo Fabianus "Mat 16:18" "Dan Akupun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan diatas batu karang ini Aku mendirikan Gereja-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya"

Yang Terberkati Patriarkh Konstantinopel Santo Yohanes Krisostomus “Ketika kalian berada di depan altar di mana Kristus hadir, jangan lagi beranggapan bahwa kalian berada di antara manusia; tetapi yakinlah bahwa bala tentara malaikat serta malaikat agung berdiri di sampingmu, dan dengan gemetar karena hormat berada di hadapan Pencipta Langit dan Bumi yang Mahakuasa. Oleh sebab itu, ketika kalian berada dalam Gereja, hadirlah di sana dalam keheningan, dengan khidmad dan khusuk.”

Santo Petrus Kanisius (Pujangga Gereja), patron bagi penulis dan media cetak Katolik sekaligus pelindung website ini.

Perkenalkan, nama saya Gerhand Wang Pinphangabdi, seorang Katolik dari Paroki Hati Yesus Yang Maha Kudus, Keuskupan Banjarmasin. Saya dibaptis pada tanggal 24 Desember 1998 oleh Reverendus Pater ST. Bijanta, CM dengan nama Fabianus di Gereja Katedral paroki Keluarga Kudus Banjarmasin dan saya dikrismakan oleh MGR. Petrus Boddeng Timang, Uskup Keuskupan Banjarmasin pada tanggal 19 Mei 2013 dengan nama Yohanes Krisostomus di paroki Santa Perawan Maria Yang Terkandung Tanpa Noda Banjarmasin. Kini saya berdomisili di Malang.

Aktivitas rohani saya didunia nyata, saya merupakan anggota dari Karmelit Awam dan Legio Mariae di Keuskupan Malang. Saya terjun dalam dunia Katekese dan Apologetika pada tahun 2010 lalu dengan niat untuk memberitakan kebenaran Gereja Allah yang Katolik yang merupakan tiang penopang dan dasar kebenaran (1 Tim 3:15) agar semakin banyak orang tahu bahwa Gereja Katolik lah satu-satunya sarana keselamatan menuju Kristus, sumber kebenaran dan Gereja Para Rasul. 


Website ini sendiri, didirikan pada tanggal 21 Desember 2011 pada peringatan wajib Santo Petrus Kanisius.Sebenarnya website ini adalah adik dari blog Indonesian Catholicism yang opsinya telah rusak. Sehingga seluruh artikel yang ada di blog Indonesian Catholicism saya pindahkan seluruhnya ke website ini. 

Dulunya website Katolik ini sudah hampir beberapa kali berganti nama dan setelah dengan keputusan yang lebih matang akhirnya website ini secara resmi saya beri nama "Katolisitas Indonesia". Nama ini saya pilih untuk menunjukkan bahwa Gereja yang Satu, Kudus, Katolik dan Apostolik hanya Gereja Katolik yang didirikan oleh Tuhan Yesus Kristus sendiri diatas Rasul Santo Petrus yang bernapas melalui barat dan timur yang terdiri dari 23 Gereja Partikular  yaitu 1 Gereja Katolik Roma dan 22 Gereja Katolik Timur yang bersatu padu membentuk Gereja yang Satu, Kudus, Katolik dan Apostolik yang dipimpin oleh Paus Roma. 

Secara garis besar artikel di blog ini terbagi menjadi dua haluan yaitu hasil tulisan saya sendiri dengan lisensi "Dominus illuminatio mea! (Tuhan adalah cahayaku!) dan Vivit Dominus in cuius Conspectu sto (Allah hidup dan di hadirat-Nya aku berdiri) yang merupakan lisensi untuk tulisan hasil saduran, terjemahan dan sekaligus salinan dari blog Katolik dari Indonesia lainnya. Sebenarnya lisensi "Vivit Dominus in cuius Conspectu sto" ini saya buat sejak memasuki awal tahun baru 2014 untuk menandai artikel yang bukan ciptaan saya, sehingga artikel yang terbit di tahun 2012 dan 2013 tidak memiliki lisensi ini sebagai tanda bahwa artikel tersebut merupakan hasil salinan, saduran dan terjemahan, karena ketidakmampuan saya untuk mengubah semuanya. Sehingga apabila didalam blog ini ditemukan artikel yang terbit tahun 2012 dan 2013 tanpa lisensi "Vivit Dominus in cuius Conspectu sto" maka artikel tersebut merupakan hasil salinan, saduran dan terjemahan dari blog lain.

Motivasi saya mendirikan website ini yang pertama adalah saya ingin agar dengan didirikannya website ini pengetahuan iman Katolik umat beriman di Indonesiasemakin memadai agar umat dapat membedakan mana ajaran yang benar dan mana yang salah dan tidak terombang-ambing apabila ada ajaran yang sering kali bertentangan dengan Iman Katolik. Dilain pihak saya ingin agar umat beriman sadar sekaligus bangga, bahwa kita telah dipercayakan oleh Kristus untuk hidup Gereja yang didirikanNya sendiri diatas sang batu karang dan satu-satunya didunia dan hari lepas hari umat beriman semakin percaya Kristuslah sumber keselamatan sejati dan hanya dari Gereja Katolik sajalah rahmat keselamatan itu mengalir.

Sekian riwayat singkat dari penulis dan sejarah berdirinya website ini. Semoga website ini bermanfaat dan mampu menambah Iman saudara dan saudari sekalian.

Katolisitas Indonesia, orang muda Katolik dan awam Katolik Keuskupan Banjarmasin
Dominus illuminatio mea!
Newer Post
Previous
This is the last post.
 
Toggle Footer
Top