Yesus mengajarkan
Kepada kita doa Kristiani yang tak tergantikan ini, Bapa Kami, pada
hari ketika salah seorang dari para murid-Nya melihat Dia berdoa bertanya
kepada-Nya, “Tuhan, ajarlah kami berdoa” (Luk 11:1). Tradisi liturgi Gereja
selalu memakai teks doa Bapa Kamu dari Santo Matius (Mat 6:9-13).
“RINGKASAN SELURUH
INJIL”
579. Apa peranan Bapa
Kami dalam Kitab Suci?
Doa Bapa
Kami merupakan ”ringkasan dari seluruh Injil” (Tertullianus), “doa
yang sempurna” (Santo Thomas Aquinas). Doa yang ditempatkan tengah-tengah
Khotbah di Bukit (Mat 5-7) ini menyajikan inti esensial Injil dalam bentuk doa.
580. Mengapa doa ini disebut “Doa
Tuhan”?
Doa Bapa Kami disebut “Oratio
Dominica”, yaitu Doa Tuhan, karena doa ini telah diajarkan kepada kita oleh
Tuhan Yesus sendiri.
581. Di mana tempat doa Bapa
Kami ini dalam doa Gereja?
Doa Bapa
Kami ini merupakan doa Gereja yang utama. Doa ini “diberikan” dalam Sakramen
Pembaptisan untuk menunjukkan kelahiran baru anak-anak Allah ke dalam hidup
ilahi. Ekaristi mengungkapkan Makna penuhnya,karena Permohonan-permohonannya
yang didasarkan pada misteri penyelamatan yang sudah dilaksanakan, akan
dikabulkan secara penuh pada kedatangan Tuhan. Doa Bapa Kami merupakan bagian
Integral liturgi Ibadat Harian.
“BAPA KAMI YANG ADA DI
SURGA”
582.Mengapa kita “berani mendekatkan
diri dengan kepercayaan penuh” kepada Bapa?
Karena Yesus, Penebus
kita, menghantar kita ke hadapan Bapa dan Roh-Nya menjadikan kita anak-anak
Bapa-Nya. Jadi,kita dapat mengucapkan doa Bapa Kami dengan
kepercayaan yang sederhana seperti seorang anak yang percaya kepada Bapa-Nya,
dengan penuh keyakinan yang gembira, dan keberanian yang rendah hati,
dengan kepastian dicintai dan didengarkan.
583. Bagaimana mungkin menyebut Allah
sebagai “Bapa”?
Kita dapat menyapa
Allah sebagai “Bapa” karena Putra Allah yang menjadi manusia sudah
mewahyukan-Nya kepada kita dan karena Roh-Nya memperkenalkan-Nya kepada kita.
Sapaan “Bapa” menyebabkan kita masuk ke dalam misteri-Nya dengan kekaguman yang
selalu baru dan membangkitkan diri kita kerinduan untuk bertingkah laku sebagai
anak. Karena itu, dengan Doa Tuhan ini Kita sada bahwa kita ini anak-anak Bapa
dalam Putra.
584. Mengapa kita mengatakan Bapa
“Kami”?
Kata “kami”
mengungkapkan hubungan yang sepenuhnya baru dengan Allah. Jika kita berdoa
kepada Bapa, kita menyembah dan memuliakan Dia bersama Putra dan Roh Kudus.
Dalam Kristus kita adalah “umat-Nya” dan Dia Allah “kita” sekarang dan
selama-lamanya. Sesungguhnya, kita mengatakan Bapa “kami” karena Gereja Kristus
adalah Persekutuan sejumlah Besar Saudara dan saudari yang “sehati dan
sejiwa”(Kis 4:32).
585.Dengan semangat persekutuan dan
perutusan yang bagaimana kita berdoa kepada Allah sebagai Bapa “kita”?
Karena mendoakan Doa
Bapa “kami” merupakan kebaikan umum orang-orang yang dibaptis, maka merka
merasakan seruan yang mendesak untuk berpatisipasi dalam doa Yesus untuk
kesatuan murid-murid-Nya. Mendoakan doa “Bapa Kami” berarti berdoa dengan semua
orang dan Bagi seluruh umat manusia, agar mereka mengenal Allah yang
satu-satu-Nya benar, serta dipersatukan kembali dalam satu kesatuan.
586. Apa artinya “Yang ada di surga”?
Ungkapan biblis ini
tidak menunjukkan suatu tempat, melainkan suatu cara berada: Allah melampaui
dan mengatasi segala sesuatu. Ungkapan ini menunjuk pada keagungan, kekudusan,
dan juga kehadiran-Nya di dalam hati orang-orang benar. Surga, atau rumah Bapa,
itu tanah air kita yang sejati kemana kita sedang menuju ke sana dalam
pengharapan ketika kita berada di dunia ini. “Tersembunyi ber sama dengan
Kristus di dalam Allah” (Kol 3:3).
TUJUH PERMOHONAN
587. Bagaimana Doa Tuhan disusun?
Doa Tuhan terdiri dari
tujuh permohonan kepada Allah Bapa. Tiga yang pertama lebih teologal,membawa
kita kepada Allah,untuk Kemuliaan-Nya:Itulah ciri khas cinta yakni pertama-tama
mereka yang dicintai. ketiga Permohonanyang pertama ini menyarankan apa yang
seharusnya secara khusus kita mohon kepada-Nya: pengudusan nama-Nya, kedatangan
Kerajaan-Nya, dam terlaksana kehendak-Nya. Keempat permohonan yang terakhir
mempersembahkan kepada Bapa yang maharahim, kemalangan dan harapan kita. Yang
dimohon dari-Nya ialah: memberi rezeki, mengampuni kita,serta menopang kita
dalam pencobaan, dan membebaskan kita dari yang jahat.
588. Apa arti “Dimuliakanlah Nama-Mu
atau dikuduskanlah nama-Mu”?
Memuliakan
(menguduskan) Nama Allah terutama merupakan sebuah pujian yang mengakui Allah
sebagai Yang Kudus. Sesunguhnya, Allah Telah mewahyukan Nama-Nya yang kudus
kepada Musa dan ingin agar umat-Nya dikuduskan bagi-Nya sebagai bangsa yang
kudus,Tempat Dia tinggal.
589. Bagaimana Nama Allah diKuduskan
dalam diri kita dan di dunia?
Menguduskan Nama Allah
yang memanggil kita kepada “kekudusan” (1Tes 4:7) berarti mengingikan bahwa
pengudusan Pembaptisan menjiwai seluruh hidup kita. Arti yang lain
ialah, meminta lewat hidup dan doa kita agar Nama Allah dikenal dan dipuji
oleh setiap orang.
590. Apa yang dimohon Gereja ketika
berdoa “Datanglah Kerajaan-Mu”?
Gereja memohon dengan
sangat kedatangan yang terakhir Kerajaan Allah melalui kembalinya Kristus dalam
kemuliaan-Nya. Tetapi, Gereja juga berdoa agar Kerajaan Allah berkembang sejak
sekarang melalui pengudusan manusia dalam Roh dan berkat komitmen mereka pada
pelayanan keadilan dan perdamaian sesuai dengan Sabda Bahagia. Permohonan ini
merupakan seruan Roh dan Mempelai: “Datanglah, Tuhan Yesus” (Why 22:20).
591. Mengapa memohon “Jadilah
kehendak-Mu di atas bumi seperti di dalam surga”?
Kehendak Bapa ialah
agar “semua orang diselamatkan” (1Tim 2:4). Karena itu, Yesus datang: untuk
melaksanakan dengan sempurna kehendak Bapa yang menyelamatkan. Kita berdoa
kepada Allah Bapa kita untuk menyatukan kehendak kita dengan kehendak Putra-Nya
seturut teladan Maria yang Tersuci dan para kudus. Kita memohon agar
rencana-Nya yang penuh cinta terlaksana secara penuh di dunia ini sebagaimana
sudah terlaksana di dalam surga. Melalui doa inilah kita dapat mengenal “yang
berkenan kepada Allah” (Rom 12:2) dan mempunyai “ketekunan” untuk
melaksanakannya (Ibr 10:36).
592. Apa arti permohonan “Berilah kami
rezeki pada hari ini”?
Dengan memohon kepada
Allah dengan kepercayaan seorang anak untuk makanan sehari-hari yang perlu
untuk semua orang demi keberadaanya, Kita mengakui betapa baiknya Allah, Bapa
Kita melampaui semua kebaikan. Kita juga memohon rahmat untuk mengetahui
bagaimana bertindak supayaa keadilan dan kesediaan untuk berbagi membuat
kelimpahan seseorang mencukupkan kebutuhan orang lain.
593. Apa arti khas Kristiani permohonan
ini?
Karena ”manusia hidup
bukan dari roti saja, tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah”
(Mat 4:4), permohonan ini juga secara sama berhubungan dengan soal lapar
akan Sabda Allah dan Tubuh Kristus yang
diterima dalam Ekaristi, sebagaimana juga lapar akan Roh Kudus. Kita memohon
dengan kepercayaan penuh untuk hari ini – pada kekinian Allah
– dan ini diberikan kepada kita terutama dalam Ekaristi yang mengantisipasi
perjamuan Kerajaan yang akan datang.
594. Mengapa kita berkata “Ampunilah
kesalahan kami seperti kami pun mengampuni yang bersalah kepada kami”?
Dengan memohon kepada
Allah Bapa untuk mengampuni kita, kita mengakui di hadapan-Nya bahwa kita
adalah pendosa. Namun pada saat yang sama, kita pun mengakui kebelas
kasihan-Nya karena dalam Putra-Nya dan melalui Sakaramen-Sakramen “kita
menerima penebusan, yaitu peng-ampunan dosa” (Kol 1:14). Meskipun demikian,
permohonan kita akan dijawab hanya jika kita terlebih dahulu mengampuni.
595. Bagaimana pengampunan itu mungkin?
Belas kasihan masuk
kedalam hati kita hanya jika kita sendiri tahu mengampuni, hingga mengampuni
musuh-musuh kita. Walaupun tampaknya tidak mungkin bagi kita memenuhi tuntutan
itu, hati yang dipersembahkan kepada Roh Kudus dapat, seperti Kristus, mencintai
bahkan sampai ke titik batas cinta, mengubah luka menjadi belas kasihan dan
penghinaan menjadi doa syafaat. Pengampunan berpartisipasi dalam belas kasihan
ilahi dan merupakan puncak doa Kristiani.
596. Apa arti “Janganlah masukkan kami
ke dalam pencobaan”?
Kita memohon kepada
Allah Bapa agar tidak meninggalkan kita sendirian dan berada dalam kuasa
godaan. Kita memohon agar Roh Kudus membantu kita untuk membedakan, di
satu pihak, pencobaan yang membuat kita berkembang dalam
kebaikan dangodaan yang menggiring kita kepada dosa dan kematian.
Dipihak lain, membedakan antara digoda dan menyetujui godaan.
Permohonan ini menyatukan kita dengan Yesus yang mengalahkan godaan dengan
doa-Nya. Permohonan Ini menuntut kewaspadaan dan ketekunan sampai akhir.
597.Mengapa kita menutup dengan
permohonan “Tetapi bebaskanlah kami dari yang jahat”?
“Kejahatan” menunjuk
pada pribadi Setan yang menentang Allah dan ”yang menyesatkan seluruh dunia”
(Why 12:9). Kemenangan atas iblis sudah terjadi dalam Kristus. Tetapi, kita
terus berdoa agar keluarga umat manusia dibebaskan dari Setan dan
pekerjaan-pekerjaannya. Kita juga memohon rahmat kedamaian yang berharga dan
rahmat untuk menantikan dengan tekun kedatangan Kristus yang akan
membebaskan kita secara definitif dari Si Jahat.
598. Apa arti “Amin”?
“Pada akhir doa, kamu
berseru ‘Amin’ dan dengan kata ini yang berarti: ‘semoga demikian’, kamu
mengesahkan semua yang tertera dalam doa ini, yang diajarkan Allah”
(Santo Cyrillus dari Yerusalem)