0 komentar

Himne Santo Efrem Dari Syria


Santo Efrem orang Syria adalah seorang Bapa Gereja Timur yang melayani Tuhan di wilayah Persia (yang sekarang disebut Iran). Ia lahir di Nisibis pada tahun 306 M . Ia wafat di Edessa pada tahun 373 M  karena penyakit pes.

St. Efrem seorang Bapa Gereja terkenal dari kalangan orang-orang Kristen berbahasa Syria. St. Efrem sendiri adalah salah seorang Bapa Gereja Timur yang dengan cara unik mampu menggabungkan panggilan sebagai seorang teologial dan panggilan sebagai seorang penyair. Berikut ini adalah terjemahan bebas dari salah satu himnenya mengenai Tuhan Yesus dan Sang Theotokos. 
Sang Tuhan datang ke dalam ia (Maria) dan menjadi hamba. Sang Sabda datang ke dalam ia dan membisu di dalam ia. Sang Petir datang ke dalam ia dan tidak bersuara. Sang Gembala segalanya datang ke dalam ia, menjadi Anak Domba di dalam ia dan keluar sambil menangis.

IA yang memberi makan segala sesuatu mengenal rasa lapar. IA yang memuaskan segala dahaga mengenal kehausan. Telanjang dan tak berdaya. IA lahir daripada ia, IA yang mendandani segala sesuatu. (Ephraim, Hymn De Nativitate 11:6-8)

Rahim Ibu Maria mengubah peranan-peranan. Oh, Pengatur segalanya masuk kaya tapi lahir miskin. Sang Mahaagung masuk ke dalam ia, IA datang dengan rendah hati. Cahaya masuk ke dalam ia, namun dibungkus lampin hina.  
Dominus illuminatio mea! 
 
Toggle Footer
Top