0 komentar

Seruan untuk Tradisi Misa Latin Tradisional



Berikut adalah sebuah artikel menarik tentang pertumbuhan Misa Latin Dari Washington Times :

Gereja Katolik Roma  bergegas untuk mengakomodasi lonjakan permintaan untuk Misa Latin tradisional, yang merupakan gambar kerumunan baru yang mengejutkan orang-orang muda 
Sejak Juli, ketika sebuah dekrit dari Paus Benediktus XVI mengangkat puluhan tahun pembatasan merayakan Misa Latin Tradisional, tujuh gereja di daerah metropolitan didaerah Washington telah menambahkan liturgi untuk jadwal mingguan mereka Minggu.

"Saya menyukai Misa Latin Tradisional" kata Audrey Kunkel, seorang Katolik yang berusia 20 tahun, dari Cincinnati. Itu menakjubkan untuk berpikir bahwa saya menghadiri Misa yang sama yang telah terbentuk selama berabad-abad orang-orang kudus." 

Berbeda dengan Misa novus ordo atau yang lebih dikenal dengan Misa paulus IV, yang telah digunakan sejak Konsili Vatikan II pada tahun 1969 dan biasanya dirayakan dalam bahasa- bahasa seperti bahasa Inggris, Misa Latin Tradisional adalah "kontemplatif, misterius, sakral, transenden, dan orang-orang muda sangat tertarik untuk hal itu" ujar Romo Franklin McAfee.

" Orang yang tidak pernah tumbuh dengan Misa tradisional menemukan itu sendiri dan jatuh cinta dengan itu "

“Misa Latin Tradisional membantu orang berusia 20-an dan 30-an yang tumbuh dalam budaya yang tidak memiliki stabilitas dan ortodoksi melihat sesuatu yang lebih besar dari diri mereka sendiri kemuliaan Allah”, kata Geoffrey Coleman dari Persaudaraan Imam St Petrus Seminari Our Lady of Guadalupe di Denton Neb.

 “Misa Latin Tradisional melepaskan aku dari dunia dan mengangkat pikiran saya, hati dan jiwa untuk hal-hal surgawi," kata Michael Malain, dari Houston. 

Seorang pemuda yang bernama Kirk Kaya, dari Oberlin, Ohio, ingat pertama kali dia menghadiri Misa Latin Tradisional dan berpikir bahwa sebuah agama baru telah ditemukan.

Perbedaan terbesar antara dua bentuk dari Misa paulus IV dan Misa Latin Tradisional selalu dirayakan dalam bahasa Latin, kecuali untuk homili. Imam juga memimpin umat menghadap ke timur, arah tradisional doa . Misa novus ordo atau yang lebih dikenal dengan Misa Paulus IV dapat dirayakan dalam bahasa Latin, tetapi biasanya tidak ada juga perbedaan di beberapa, himne doa dan jubah. Akibatnya, nuansa keseluruhan Misa Latin Tradisional lebih khidmat dan serius. 

" Tidak seorang pun dapat mengatakan, dengan wajah lurus, bahwa liturgi pasca-Vatikan II dan sakramen-sakramen yang lebih indah daripada yang digunakan untuk ratusan dan ratusan tahun ". Seperti Gereja sekarang menuntut perayaan Misa Latin Tradisional, para imam belajar ritual biasanya lebih muda juga. 

Society of St Pius X (SSPX) kereta imam dalam liturgi Misa Latin Tradisional dan telah menerima sebanyak 25 permintaan seminggu untuk instruksi sejak Juli. "Telepon berdering tanpa henti, dan aku mendapat e-mail setelah e-mail, 'kata Mr Tofari. "Tanggapan itu benar-benar luar biasa, sebagian besar orang yang menyebut berada di bawah usia 30." 

Persaudaraan Imam-imam St Petrus telah berkolaborasi dengan Una Voce Amerika untuk menjadi tuan rumah lokakarya bagi para klerus di Denton, Neb Una Voce Amerika, yang mempromosikan perayaan Misa Latin Tradisional, biasanya mengajarkan ritus untuk 12 siswa sesi. Tetapi pada bulan September, jumlah itu meningkat menjadi 22 yang untuk memenuhi meningkatnya permintaan untuk pelatihan. 

Banyak imam berpikir perubahan yang disetujui oleh Paus akan melakukan lebih dari membawa orang muda ke gereja. Mereka berpikir perayaan Misa Latin Tradisional akan meningkatkan iman banyak pengikut. 

Romo Paulus Scalia, telah merayakan Misa Latin Tradisional di Gereja St Rita di Alexandria. Dia mengatakan peningkatan kehadiran pemuda adalah bukti bahwa Misa adalah sesuatu yang hidup dan memberi hidup. 


"Keindahan adalah luar biasa, karena menarik kita kepada Allah, yang adalah keindahan sendiri," kata Pastor Scalia. 
 
Toggle Footer
Top