0 komentar

Katekese Maria Mengunjungi Elisabet


Ketika malaekat Gabriel membawa kabar gembira kepada Maria, ia menyampaikan juga kepada Maria peristiwa ilahi perkandungan Elisabeth. Malaikat Gabriel mengatakan bahwa Elisabeth sedang mengandung seorang anak laki-laki pada usia tuanya. Bayi laki-laki itu adalah Yohanes Pemandi, yang akan menjadi perintis jalan bagi Yesus, Juru Selamat yang dijanjikan oleh Allah.

Maria segera bergegas ke pegunungan Yudea, ke kota Karem, tempat tinggal Elisabeth dan Zakarias. Maria berangkat kesana untuk melayani Elisabeth. Sebagaimana kata Injil,pertemuan itu merupakan suatu peristiwa kegembiraan baik bagi Elisabeth maupun anak yang dikandungnya.
"Siapakah aku ini sampai Ibu Tuhanku datang mengunjungi aku? Sebab sesungguhnya ketika salammu sampai kepada telingaku, anak yang di dalam rahimku melonjak kegirangan" (Luk 1:43-44)

Dalam perikop di atas; Bunda Maria mengunjungi Elisabet saudaranya. Ia juga sekaligus membawa Tuhan Yesus  sehingga ketika Maria mendengar salam dari Elizabet melonjaklah Yesus dari Rahim Maria, sehingga Elizabet penuh dengan Roh dan demikian pula ketika Elizabet mendengar salam dari Maria melonjaklah pula  Santo Yohanes Pembaptis karena kegirangan.  dari kunjungan ini Kita bisa melihat, Kristus mau mengunjungi kita umat-Nya meskipun kita berdosa. tapi kunjungan ini tidak lepas dari usaha  Bunda Maria pula, banyak orang datang dan semakin dekat kepada Tuhan Yesus. Kita hendaknya sebagai Umat Katolik hendaknya mengambil bagian dalam karya berani mewartakan Injil Kristus melalui kesaksian-kesaksian Iman dan perbuatan-perbuatan kasih kepada sesama. dan sekaligus juga kita juga harus melihat sesama kita yang kekurangan dan membantunya. 

Dominus illuminatio mea
Referensi:Iman Katolik
 
Toggle Footer
Top