0 komentar

Papal Altar di Basilika Santo Petrus

Ini adalah denah Basilika St. Petrus. Posisi Papal Altar di tandai dengan tanda salib (+). Bagian muka gedung dan pintu basilika berada di timur.



menggambarkan Papal Altar.

adalah arah timur dari Papal Altar dan lantai yang mengarah ke confessio, tempat makamnya St. Petrus.
secara harfiah pada kompas bagian ini menghadap ke timur, sekaligus ad orientem– menghadap ke umat dan pintu utama.


Foto dibawah ini anda akan melihat confessio. “Tombol-tombol” emas disekitar pagar adalah lampu minyak. Disinilah terbaring Sang Pangeran Para Rasul Santo Petrus.


Dan foto dibawah ini Paus Pius XII sedang merayakan Misa Latin Tradisional di Papal Altar. Beliau berdiri di sisi barat altar, dan beliau menghadap ke arah timur, dan ad orientem menghadap umat. Anda bisa lihat lampu minyak confessio di sebelah timur altar. 



Karena dulunya Basilika Santo Petrus memiliki confessio didepan altar, pasti tidak mungkin merayakan Misa forma Ordinaria tanpa menghadap umat.

Disini kita bisa melihat dan kita sadar bahwa pengertian awal dan tujuan dari posisi add orientem menghadap ke Timur yaitu menghadap ke arah matahari terbit yang merupakan  simbol Kristus yang bangkit dengan jaya. Pada mulanya, posisi Imam ad orientem tidak ada hubungannya dengan membelakangi umat. semuanya itu dilakukan atas dasar menatap matahari terbit yang merupakan simbol kebangkitan Kristus

diterjemahkan dari :Monkallover
 
Toggle Footer
Top