0 komentar

Kutipan Katolisitas Indonesia


1. "Sang Jalan dan Kebenaran dan Hidup telah mengikatku di dalam Tiang Penopang dan Dasar Kebenaran didalam Gereja-Nya yang Satu,Kudus,Katolik dan Apostolik yang Ia dirikan sendiri diatas Sang Batu Karang."

2. "Gereja Katolik itu seumpama seperti rumah sakit rohani, dimana para pendosa, akan disembuhkan didalamnya, karena disini ada Tabibnya, namun Gereja Katolik juga sebuah training center bagi orang-orang yang ingin menjadi orang kudus di masa depan."

3. "Gereja Katolik adalah Gereja satu-satunya yang sejati dan didirikan oleh Tuhan Yesus Kristus sendiri diatas Rasul Santo Petrus yang bernapas melalui barat dan timur yang terdiri dari 23 Gereja Partikular  yaitu 1 Gereja Katolik Roma dan 22 Gereja Katolik Timur yang bersatu padu membentuk Gereja yang Satu, Kudus, Katolik dan Apostolik yang dipimpin oleh Paus Roma dan bahwa Gereja Katolik mempunyai 3 landasan dasar iman yaitu Kitab Suci, Tradisi Suci yang Apostolik dan Magisterium atau kuasa mengajar Gereja.

4. "Aku mencintai Kristus maka aku juga harus mencintai Gereja-Nya dan Bunda-Nya. Aku hendak mencintai Kristus, Gereja dan Bunda Maria dengan segenap hati, pikiran, dan jiwa ragaku. Karena jika aku tidak mencintai Gereja dan Bunda Maria, sia-sialah aku mencintai Kristus.”

5. "Jadilah seorang Katolik yang sepenuhnya dan jangan setengah-setengah."

6. "Tuhan Yesus Kristus adalah SANG ADA yang membuat segala sesuatu yang hampa menjadi ADA.”

7. "Mengetahui, menghidupi dan mewartakan Iman Katolik adalah tugas, kewajiban dan tanggung jawab kita sebagai umat Katolik" 

8. “ Protestan menolak ajaran Maria adalah Bunda Allah (Theotokos), sesungguhnya mereka sudah menyerang ajaran Inkarnasi Sang Putra Allah yang menjelma dari rahim perawan Maria dan menjadi manusia seutuhnya."

9. " Saya akan membela Kepausan Roma sampai akhir hidup saya."

10. "Pengertian Kristen dengan Katolik adalah sama, seringkali orang mempunyai pola pikir bahwa Kristen dengan Katolik berbeda. Kristen pengertiannya adalah pengikut Kristus dan Katolik adalah nama Gereja Kristus yang sejati, sekarang bagaimana lagi kita memisahkan pengertian antara keduanya?"

11. "Jangan pernah takut membuat tanda Salib didepan umum, buatlah tanda Salib terus menerus ketika kita menghirup nafas, sedang berbicara, bahkan sedang dijalanan. Ingatlah bahwa dengan tanda Salib, Kaisar Konstantin pernah menang besar ketika Ia menghadapi Kaisar Maxentius. Dengan Tanda Salib pula kita dizaman ini disebut orang-orang yang menang, karena di kayu Saliblah tertumpah Darah Tuhan kita yang membawa kita kepada keselamatan.”

12.”Didalam Perayaan Misa kudus, Kristus menampakan diri-Nya dalam rupa roti dan anggur. Dialah Allah yang tersamar yang kita sembah dengan penuh iman dan pengharapan.”

13.”Banyak orang yang menyerang Gereja Katolik, bahkan itu terkesan seperti tingkah laku yang bodoh karena mereka tidak sadar, mereka sedang menyerang Gereja yang didirikan oleh Kristus sendiri, diatas Sang Petrus dan akan melindungi-Nya sampai Ia datang kembali yang kedua kalinya.”

14. “Allah telah menciptakanku untuk melakukan suatu pelayanan yang pasti bagi-Nya; Ia telah mempercayakan suatu pekerjaan kepadaku yang tidak ia percayakan kepada yang lain. Aku memiliki misiku sendiri – Aku mungkin tidak pernah mengetahuinya dalam hidup ini, tapi akan akan diberitahu tentang itu selanjutnya…Aku memiliki bagian dalam karya agung; Aku adalah mata rantai dalam rantai, sebuah ikatan hubungan diantara pribadi-pribadi."

15. “Kita tidak membutuhkan agama untuk memberitahu hal yang benar ketika kita benar. Apa yang kita butuhkan adalah agama yang memberitahu kita apa yang benar ketika kita melakukan kesalahan."

16.  “Jika kita hendak menjadi orang kudus yang setengah-setengah; anda harus menjadi Orang Kudus yang penuh atau anda bukan orang kudus sama sekali”! St. Theresia Avila

17.“Allah memberikan diri-Nya kepadamu; maka sebagai imbalannya berikanlah dirimu kepada Allah”.

18. “Ketika kamu melihat Yesus yang tergantung di kayu salib, kamu memahami betapa Yesus mencintaimu hingga ia menyerahkan nyawa-Nya. Ketika kamu memandang Hosti Suci, kamu memahami betapa Yesus mau agar Dia engkau santap.”

19. “ Mari kita menjadikan rosario sebagai doa yang penting kehidupan kita, menempatkan setiap kejadian yang kita alami di dalamnya.”

20. “Karena Kristus sendiri telah berkata, “Inilah Tubuh-Ku” dan "Inilah Darah-Ku" siapa yang berani menyangkal itu bukan Tubuh dan Darah-Nya?

21. “Iblis takut kepada kita ketika kita berdoa. Ia juga takut ketika kita rendah hati dan selalu berbuat baik. Terlebih ia takut ketika kita mencintai Yesus dan Ibu-Nya. Ia akan lari terbirit-birit ketika kita membuat tanda Salib.”

22. “Roti yang ada di Altar yang ketika dikonsekrasikan oleh Imam, itu adalah betul-betul Tubuh Kristus. Dan cawan itu, ketika dikonsekrasikan oleh Imam, adalah Darah Kristus. Roti itu satu; kita walaupun banyak, tetap satu Tubuh.

23.  “Suatu perbuatan yang paling cemerlang, tanpa ucapan syukur kepada Allah yang maha tinggi, tidak ada gunanya”

24. "Gereja itu Kudus adanya meskipun ada banyak orang yang tidak kudus di dalamnya. Namun ketidakkudusan seseorang, tidak akan pernah melecetkan bahkan menodai kekudusan abadi dalam Gereja Katolik.

25. "Ketika kita mengingat Bunda Maria adalah Ibu kita, pada saat itu juga dia benar-benar tahu akan kelebihan dan kelemahan kita dan akan menjaga kita seperti menjaga Yesus yang ada didalam palungan, nah sekarang apa yang perlu kita kuatirkan?”

26.” Kurban Kudus Misa (Perayaan Ekaristi) bukanlah pemuas selera dari setiap umat, melainkan kurban pereda kemurkaan Allah Bapa atas dosa-dosa manusia.”

27. Saat kita menolak menerima Sakramen Tobat, pada saat itu pula kita telah menolak undangan Kristus untuk bertemu dengan-Nya dan menerima rahmat pengampunan dari-Nya.

28. Allah itu Maha Rahim, ia begitu mengasihi kita seperti mengasihi Anak-Nya yang tunggal. Namun bukan karena kemaharahimannya yang begitu luas, bisa kita jadikan alasan untuk terus menerus berbuat dosa.

29. “Kita selalu menemukan bahwa cobaan yang begitu besar, ketika jejak hidup kita selalu mendekat kepada Kristus. Sehingga tidak ada cerita memanggul Salib sebagai murid Tuhan itu adalah hal yang mudah. ”

30. “Kita harus mengingat Allah lebih sering daripada menghirup oksigen.

31. "Becoming Orthodox is not enough. We have to become Catholic"

32.“ Bagaimana pun kita atau seburuk apapun kita, Bunda Maria akan membantu kita bila kita memanggil dia. Tidak ada jiwa yang tidak bahagia ataupun pendosa di dunia yang memanggil Maria, ditinggalkan tanpa kerahiman.”

33."Bagaimana mungkin seseorang bisa berkata bahwa Ia percaya Kristus bila ia tidak melakukan apa yang Kristus perintahkan kepadanya untuk dilakukan".

34.
Jika para malaikat bisa iri kepada manusia, mereka akan iri karena tidak bisa menerima Komuni Kudus. -St. Maximillian Kolbe-

35.
Saatnya kita terpanggil untuk menjaga hak alam, hak agama dan hak bangsa kita- MGR. Albertus Soegijapranoto.

36.100% Indonesia  dan 100% Katolik

37.Kemanusiaan itu satu, kendati berbeda bangsa, asal usul, dan ragamnya. Berlainan bahasa dan adat istiadatnya, kemajuan dan cara hidupnya. Semuanya merupakan satu keluarga besar.- MGR. Soegijapranata

38.Mukjizat adalah suatu karya allah yang adikodrat, dapat dirasakan oleh panca indra manusia, namun tidak dapat dijelaskan dengan nalar manusia dan Ilmu pengetahuan.

39.Eucaristia la mia autostrada per il cielo! (Ekaristi jalanku menuju Surga!)

40.Dengan mata badaniah kita yang kita lihat adalah roti dan anggur, tetapi hendaklah kita melihat dan percaya dengan teguh bahwa uty adalah Tubuh dan Darah Tuhan yang Mahakudus yang hidup dan benar (Santo Fransiskus dari asisi)

41.Aku berani meninggalkan Gereja Katolik, Bunda Maria dan persekutuan penuhku dengan Paus Roma jika ada gereja lain yang didirikan oleh Kristus.

42."Panggilan itu adalah kasih, hidup dalam kasih dan menjadi kasih".

43.''Jika saya berani meninggalkan segala sesuatu maka segala sesuatu yang saya tinggalkan akan diurus oleh Tuhan''.

45.''
“Damnant quod non intellegunt.”—“Manusia itu cenderung untuk menyalahkan dan atau mengutuk apa yang mereka tak mengerti.”


46. "Begitu banyak di masa kini, Gereja Katolik dibenci oleh banyak orang, dibenci oleh seluruh dunia. Namun kita harus tahu bahwa Kristus pernah dibenci setengah mati oleh dunia dan itu lebih mengerikan daripada kita."

47."Sub tuum praesidium confugimus, sancta Dei Genitrix; nostras deprecationes ne despicias in necessitatibus, sed a periculis cunctis libera nos semper, Virgo gloriosa et benedicta!"((Di bawah perlindunganmu kami melangkah, ya Santa Bunda Allah: dengarlah permohonan kami, hindarkanlah kami dari marabahaya, ya Perawan yang penuh kemenangan dan terberkati!)"

48.“Allah Bapa, Allah Putera dan Allah Roh kudus adalah Tiga Pribadi dalam satu Allah. Sejak awal mula Allah itu memang terdiri tiga Pribadi. Tidaklah mungkin Allah Bapa tanpa Allah Putera dan Allah Roh Kudus, kalau tidak ada Allah Putera sebagai Sang Sabda sejati bagaimana Allah bersabda? Kalau Allah tanpa Roh Kudus, bagaimana Allah bisa memberi kehidupan? Bagi kita dan terutama bagi Gereja-Nya? Gereja Katolik ?"

49."Para Kudus selalu ada disamping disamping kita bersama dengan malaikat pelindung kita. Salah satu cara untuk bersatu dengan mereka di dalam kekudusan dalam kesatuan dengan Allah adalah bagaimana meneladani hidup mereka. Menyatu dalam segala tindakan dan nasehat-nasehat hidup yang mereka telah nyatakan, yang telah membawa mereka dalam pencapaian sejati iman Kristiani itu yaitu Theosis (bersatu dengan Allah)."


50."Setiap bidaah yang dihadapi Gereja Katolik sepanjang perjalanannya selalu dihancurkan sampai keakar-akarnya dan bukannya berlambat-lambat karena akan membahayakan iman Gereja. Inilah yang menjadi dilema bagi Gereja Katolik di masa sekarang. Ketika setiap anak muda Katolik menuntut agar kehendaknya yang diprioritaskan terlebih dahulu dan mengesampingkan hukum Gereja, jika lama kelamaan sperti ini terus menerus maka Gereja akan hancur."

51."Pelanggaran Liturgi itu sama persis dengan bisa ular, ketika seseorang tergigit ular dia memang tidak akan blek! mati berdiri. Tapi lambat laun perlahan tapi pasti akan membuat orang itu mati".

52. "Kesesatan iman seorang umat, tidak disebabkan oleh dirinya sendiri namun oleh imam dan Uskup ditempat ia bernaung."

53. "Allah bisa melakukan apa saja yang dikehendakiNya namun ada satu yang tidak bisa Allah lakukan, yaitu Dia bisa berhenti mengasihi manusia, seperti Ia mengasihi PutraNya."

54. "Allah Bapa mencintai manusia bukan hanya mengutus PutraNya ke dalam dunia agar umat manusia mampu terbebaskan dari dosa adam dan hawa. Namun Ia juga mendirikan tiang penopang dan dasar kebenaran yaitu Gereja Katolik agar kawanan dombaNya mampu sehati sesuara berseru, bahwa inilah Institusi keselamatan satu-satunya yang berasal dari Kristus."

55. "Iblis itu adalah makhluk yang cerdas, mengapa saya mengatakan demikian? Karena apabila Ia tidak cerdas, ia tidak mungkin menggoda umat manusia sehingga anda dan saya mampu terjatuh kedalam dosa. Namun iblis itu juga bodoh karena berani menyerang Gereja Katolik dengan segala tipu dayanya dan menyerang anak-anak Allah."
 
Toggle Footer
Top