0 komentar

Tips Menerima Tubuh Kristus Dengan Lidah Sambil Berlutut


1. Pertama-tama periksa dululah diri anda, apakah diri anda masih terhalang dosa berat ataukah layakkah untuk menerima Komuni Kudus.

2. Sewaktu anda berada di Gereja ingatlah, untuk mengambil kursi di bagian paling belakang. Hal ini supaya anda bisa lebih luwes untuk bersiap-siap berlutut saat menerima Komuni di lidah. Jangan lupa tangan anda harus tetap terkatup di dada, ketika memasuki antrian untuk menerima tubuh Tuhan, yang melambangkan usaha kita minggu ini akan kita tutup bersama-sama dengan Tuhan.
     
3. Seandainya jika anda terlanjur berada di tengah antrian, supaya anda mendapatkan ruang yang cukup untuk berlutut, anda sebaiknya memberikan jarak yang agak jauh terhadap orang di depan anda. Kemudian anda berlutut ke arah depan sambil menjaga jarak dengan orang di belakang anda supaya tidak tersandung.

4. Ketika sampai pada giliran anda, berlututlah dengan kedua kaki anda. Dan ketika Imam berkata, “Tubuh Kristus”, anda lalu menjawab “Amin”. Kemudian kepala anda sedikit ditengadahkan agak ke atas, lalu julurkan lidah anda secukupnya. 

5. Ketika Imam memberi anda Hosti di lidah, perlahan-lahan anda tutup mulut anda. Janganlah anda menggunakan gigi anda untuk menjepit Hosti, dengan tidak mengigit hosti kudus anda menghindari agar partikel kecil dari hosti kudus agar tidak tersangkut di gigi anda.

6. Jangan langsung berdiri bila posisi Hosti masih belum tepat dilidah. Dan ketika anda hendak berdiri perhatikanlah orang yang ada di belakang anda.

7. Jangan mengunyah Hosti, tetapi biarkan Hosti menjadi lembut atau larut di dalam mulut anda lalu anda telan perlahan.

8. Berjalanlah dengan tenang menuju tempat duduk anda,berlutut dan berdoalah. Bersyukurlah atas kehadiran Kristus didalam diri anda, karena Dia rela memberikan tubuh-Nya untuk kita.

9. Bila diri anda merasa takut atau kurang percaya diri, bila sendirian untuk menerima Komuni di lidah, ajaklah beberapa teman-teman atau keluarga anda tercinta agar bersama-sama, menerima Komuni di lidah.


10. Janganlah takut untuk menerima komuni kudus dengan berlutut, sebab inilah norma Universal Gereja dalam menerima Tubuh Tuhan.


Dominus illuminatio mea!
Referensi:cantuar.blogspot.com
 
Toggle Footer
Top