0 komentar

Santa Maria Yang Dikandung Tanpa Noda Dosa

Immaculate Conception oleh Bartolome Murillo
Maria dalam hal ketidakbernodaanya dalam hal dosa, jelas sekali dia membutuhkan Kristus sebagai penebus, sebab karena Maria adalah ciptaan dan setara dengan kita maka dia mempunyai dosa, tapi karena rahmat istimewa yang diberikan oleh Putranya yang terkasih. Maria seperti mendapatkan sebuah obat dari seorang tabib sehingga Maria bebas dari dosa. Dengan demikian, terkandungnya Maria tanpa noda merupakan sebuah ajaran yang berdasar pada Alkitab yang mengedepankan keajaiban- keajaiban keselamatan yang diberikan kepada kita dalam Kristus.

Karya yang teragung yang Allah berikan pada saat Maria dikandung oleh Anna sehingga ia menjadi bebas dari dosa oleh karena rahmat istimewa tadi, yang diberikan Allah secara cuma-cuma kepada Maria karena kehendak Allah sendiri karena Ia Mahakuasa, dan bukan karena usaha Maria. Allah bertujuan membebaskan dari Maria dari dosa dengan tujuan agar Maria layak menjadi tabernakel yang didalamnya ada Kristus. Kita pun tahu Allah tidak dapat bersatu dengan dosa. sebab jika Maria berdosa maka Yesus pun berdosa.

Terkadang orang-orang mungkin mengajukan keberatan, karena Kitab Suci mengatakan bahwa “semua telah berbuat dosa” (Rm 3:22), dan dengan demikian membutuhkan penebusan oleh Kristus. Tetapi, istilah “semua” dapat berarti “begitu banyak orang” sebagai lawan dari istilah setiap orang. Sesungguhnya, bayi-bayi yang meninggal setelah dilahirkan (sebelum mencapai masa untuk bisa berpikir) pasti belum berbuat dosa-dosa  pribadi; mereka hanya menderita dosa asal. Sementara itu, Maria, Hawa yang baru, diselamatkan oleh Kristus sejak saat pertama ia dikandung dan dengan demikian terlindungi dari pengatuh-pengaruh dosa asal

Dominus illuminatio mea!
 
Toggle Footer
Top