0 komentar

Tritunggal Mahakudus Dalam Kitab Suci

TRITUNGGAL
Kej 1:1 Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi.
Kej 1:2 Bumi belum berbentuk dan kosong; gelap gulita menutupi samudera raya, dan Roh Allah melayang-layang di atas permukaan air.
Kej 1:3 Berfirmanlah Allah: "Jadilah terang." Lalu terang itu jadi.
Kej 1:26 Berfirmanlah Allah: "Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi."

Firman Allah, Sang Putera
Mzm 33:4  Sebab Firman TUHAN itu benar, segala sesuatu dikerjakan-Nya dengan kesetiaan.
Yoh 14:6  Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.
Yoh 1:1  Pada mulanya adalah FirmanFirman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.
Yoh 1:2  Ia pada mulanya bersama-sama dengan Allah.
Yoh 1:3  Segala sesuatu dijadikan oleh Dia (Firman Allah) dan tanpa Dia tidak ada suatupun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan.
Mzm 33:6  Oleh Firman TUHAN langit telah dijadikan, oleh nafas dari mulut-Nya segala tentaranya.
Ibr 11:3  Karena iman kita mengerti, bahwa alam semesta telah dijadikan oleh Firman Allah, sehingga apa yang kita lihat telah terjadi dari apa yang tidak dapat kita lihat.

Roh Allah, Sang Roh Kudus
Ayb 33:4  Roh Allah telah membuat aku, dan nafas Yang Mahakuasa membuat aku hidup.
Yoh 4:24  Allah itu Roh dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran."
Kis 28:25  Maka bubarlah pertemuan itu dengan tidak ada kesesuaian di antara mereka. Tetapi Paulus masih mengatakan perkataan yang satu ini: "Tepatlah firman yang disampaikan Roh Kudus kepada nenek moyang kita dengan perantaraan nabi Yesaya: Kis 28:26 Pergilah kepada bangsa ini, dan katakanlah: Kamu akan mendengar dan mendengar, namun tidak mengerti, kamu akan melihat dan melihat, namun tidak menanggap.(Kis 28:25-26 paralel dengan Yes 6:8-9)
Yes 6:8  Lalu aku mendengar suara Tuhan berkata: "Siapakah yang akan Kuutus, dan siapakah yang mau pergi untuk Aku?" Maka sahutku: "Ini aku, utuslah aku!"
Yes 6:9  Kemudian firman-Nya: "Pergilah, dan katakanlah kepada bangsa ini: Dengarlah sungguh-sungguh, tetapi mengerti: jangan! Lihatlah sungguh-sungguh, tetapi menanggap: jangan!
Ibr 10:15  Dan tentang hal itu Roh Kudus juga memberi kesaksian kepada kita, Ibr 10:16  sebab setelah Ia berfirman: "Inilah perjanjian yang akan Kuadakandengan mereka sesudah waktu itu," Ia berfirman pula: "Aku akan menaruh hukum-Ku di dalam hati mereka dan menuliskannya dalam akal budi mereka, (Ibr 10:15-16 paralel dengan Yer 31:33)
Yer 31:33  Tetapi beginilah perjanjian yang Kuadakan dengan kaum Israel sesudah waktu itu, demikianlah Firman TUHANAku akan menaruh Taurat-Ku dalam batin mereka dan menuliskannya dalam hati mereka; maka Aku akan menjadi Allah mereka dan mereka akan menjadi umat-Ku.

TRITUNGGAL
Mat 28:19  Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama* Bapa dan Putera dan Roh Kudus,
1Yoh 5:7  Sebab ada tiga yang memberi kesaksian [di dalam sorga: Bapa, Firman dan Roh Kudus; dan ketiganya adalah satu….]**

Dominus illuminatio mea!
 
Toggle Footer
Top