0 komentar

Maria Simbol Dari Roh Kudus

Para Pentakosta, Jean Restout

Didalam kitab perjanjian baru tepatnya kitab Kisah Para Rasul memberitahu kita bahwa St Paulus menemukan sebuah mezbah di Athena yang memiliki prasasti berikut: kepada Tuhan yang tidak diketahui. Gelar ini tampaknya sama dengan - dalam beberapa cara khusus - Roh Kudus yang bagi banyak dari kita orang Kristen, Allah yang tidak dikenal. 

Siapakah Roh Kudus? Roh Kudus ialah Pribadi ketiga dari Tritunggal Mahakudus, ikatan kehidupan cinta yang menyatukan Bapa dengan Putra. Mengapa, Roh Kudus disebut tidak ketahui, mengapa? Pertama-tama, karena untuk menemukan kehadiran dan kedekatan pribadi dengan Tuhan diperlukan sesuatu kekuatan yang berasal dari Roh Kudus yang menjadi hadir dan bertindak dengan cara yang bijaksana dan tersembunyi.

Dan juga, karena Allah Roh Kudus adalah Allah yang tidak kelihatan sama dengan Sang Allah Bapa yang merupakan Allah yang tidak kelihatan juga. Namun Roh Kudus dalam setiap ayat yang kita temukan dalam Kitab Suci, Roh Kudus biasanya dikenal dengan datangnya Burung Merpati (yang merupakan lambang kesucian). Namun demikian, Allah telah memberi kita seseorang di dalam Dia yang tampak atau kelihatan - kehadiran dan karya Roh Kudus: itu adalah Santa Perawan Maria. Dia adalah simbol yang paling signifikan dari Roh Kudus  yang paling pribadi  yang paling sesuai dan paling indah. Mengapa? Karena didalam Maria terdapat Pribadi Allah Putera dan pastinya diri Maria selalu dibawah lingkup kuasa Roh Kudus

Santa Perawan Maria, pada kenyataannya, telah 3 dicurahi oleh Roh Kudus:

1. Pada saat  Immaculate Conception nya, Allah mampu membuat Maria dikandung tanpa noda karena Ia mahakuasa. Ketidakbernodaan Maria bukanlah hasil usaha Maria tetapi rahmat Allah. Ketidakbernodaan Maria tidak menjadikan Maria tidak memerlukan Juru Selamat. Justru sebaliknya, ia terlebih dahulu diselamatkan Allah sebelum terkena noda asal. Ia menjadi tidak bernoda karena ia diselamatkan. Tidak ada manusia yang mampu membuat dirinya dikandung tanpa noda. Maria pun tak mampu, hanya Allah yang mampu. Allah menyelamatkan Maria dari noda dosa supaya Putera-Nya tidak dikandung didalam dosa.

2. Pada saat Kabar Sukacita, Ketika Malaikat Gabriel mengunjungi Maria, ketika itu juga Allah bersemayam didalam Rahim Maria dan Pada saat itu juga Roh Kudus pun telah tercurah didalam diri Maria. sehingga Karena Rahmat Allah dan bukan karena Kuasa Maria. Maria menjadi satu-satunya ciptaan Allah yang dikandung tanpa noda dosa asal.

3. Dan pada saat Pentakosta, dimana disaat Perawan Maria bersama dengan ke-12 Rasul berdoa Roh Kudus hadir ditengah-tengah Mereka.

Karena Maria memiliki Roh Kudus didalam dirinya, Ia juga membawakan kita kepada Roh Kudus. tapi juga melalui misinya karena misinya dan Roh Kudus masuk jalur yang sama.

+Maria adalah Bunda Kita. Dan Roh Kudus adalah Roh yang menguduskan setiap Kristen. Dengan rahmat dan karunia ilahi, Dia kita menjadi manusia baru, seperti Kristus, dalam seluruh kehidupan kita.

+Maria, sebagai Ibu otentik, mendorong dan mengilhami sendiri pada setiap saat. 

+Seperti ibu yang baik, Perawan Maria juga memiliki misi untuk menyatukan dan mengumpulkan keluarga-nya di sekitarnya.

Maria, karya Roh Kudus. Dia  sepenuhnya di bawah pengaruh dan bimbingan Roh Ilahi. Karena itu, kita dapat mengagumi Maria di semua kebajikan dan nilai-nilai Kristen yang mendidik kita untuk mengirimkan dan menanamkan dalam diri kita. Dia adalah Orang yang berani berserah kepada Tuhan dan yakin akan Kuasa-Nya.

Dominus Illuminatio Mea
diterjemahkan oleh Katolisitas Indonesia dari Vivificat
 
Toggle Footer
Top