0 komentar

[Kesaksian] Perjalanan dari gereja Episkopal ke Gereja Katolik

Perjalanan saya dari gereja Episkopal kepada Gereja Katolik

Rebecca Hoekstra dan keluarga
Saya dibesarkan di Protestan: non-denominasi dan kemudian Baptis. Saya hadir di Gereja setiap Minggu dan orang tua Saya yang berkomitmen untuk membaca Alkitab bersama kami di rumah. Ketika Saya berusia 19 tahun, seorang teman dan Saya memutuskan untuk pergi ke L'Abri di Inggris selama 6 bulan, terutama karena kami ingin melakukan perjalanan. L'Abri adalah pusat studi Kristen yang didirikan oleh Francis Schaeffer dan itu merupakan tempat yang baik bagi Saya, untuk mencoba mencari tahu apa yang Saya pikirkan tentang Tuhan. Saya tidak menggali terlalu dalam di bidang Teologi, tetapi sewaktu Saya berada di sana iman Saya malah diperkuat, membuat hal tersebut tidak hanya sekadar hadiah dari orang tua saya, tetapi suatu hal yang benar-benar saya pilih untuk percaya dengan diri Saya sendiri sebagai orang dewasa.

Ketika Saya berada di Inggris, Saya mulai menghadiri gereja Anglikan di seberang jalan dari L'Abri. Saya tidak pernah bertemu dengan liturgi sebelumnya dan menemukan suatu hal yang sangat indah. Ketika Saya pulang, meskipun Saya terdaftar di sebuah perguruan tinggi Baptis, Saya mulai mengunjungi gereja-gereja Episkopal (versi Amerika dari Gereja Anglikan) hanya karena Saya mencintai keindahan, kecantikan baik dalam desain gereja dan liturgi. Kencan pertama saya dengan calon suami saya, Duane, adalah untuk mendengar J.I Packer berkhotbah di gereja Episkopal di Dallas. Packer adalah seorang Anglikan, namun sangat populer dalam Evangelisasi dengan bukunya “Mengenal Tuhan”. Kami mulai menghadiri gereja Episkopal yang sama dan menikah sekitar delapan bulan kemudian.

Sulit untuk menjelaskan keindahan Ibadat Liturgi kepada siapa saja yang belum mengalaminya, tapi itu luar biasa dan sungguh menakjubkan. Liturgi adalah Trinitarian dan hormat, music nan megah dengan organ penuh, himne yang indah, dan kidungan Mazmur. Kami jatuh cinta dengan banyak hal lagi lebih sekadar satu sama lain dalam gereja Episkopal dan dikonfirmasi sekitar enam bulan setelah pernikahan kami.

Dalam gereja Episkopal ada beberapa gaya liturgi yang berbeda, yaitu yang disebut sebagai "gereja rendah" dan "gereja tinggi." Gereja rendah mungkin masih merasa "tinggi" untuk sebagian besar Protestan, tetapi memiliki cita rasa Protestan ketimbang gereja Tinggi . Gereja Tinggi juga disebut Anglo-Katolik dan telah mempunyai "bau dan lonceng," itu mungkin hal yang mendekatkan (keadaan) Surga di bumi yang pernah saya alami.

Empat tahun setelah kami menikah, kami memiliki anak pertama dan ia dibaptis di gereja yang sama di mana kami menikah. Sekitar setahun kemudian, meskipun kami pergi ke gereja Episkopal lain di Keuskupan Dallas untuk mendengarkan Thomas Howard, saudara Elisabeth Elliot dan konversi ke Gereja Katolik. Gereja ini menyebut dirinya Anglo-Katolik dan memiliki liturgi yang paling indah yang pernah saya hadiri - bahkan sampai titik ini.

Mencari Kebenaran
Mundur sedikit sekitar satu tahun setelah pernikahan kami, ketika sahabat saya dari perguruan tinggi Baptis mulai berkencan dengan seorang pria yang sedang mempertimbangkan untuk menjadi Katolik. Tanpa disadari, saya memiliki banyak normal, Amerika, selatan, prasangka Alkitab Belt terhadap Katolik dan benar-benar peduli bagi keselamatan dirinya. Jadi, saya mulai membaca buku-buku Katolik yang dia pinjamkan kepada saya dan cukup cepat menyadari bahwa segala sesuatu yang saya telah diajarkan tentang Gereja Katolik itu bohong: Gereja tidak dapat sesat setelah Kenaikan Yesus, semata-mata memiliki Injil sebenarnya setelah peristiwa Reformasi.

Saya membaca segala sesuatu yang tangan saya dapatkan tentang sejarah Gereja, tulisan-tulisan para Bapa Gereja, dan tulisan-tulisan dari umat Katolik lainnya yang mencintai Iman mereka dan menjelaskan dengan baik. Tidak butuh waktu banyak untuk meyakinkan Saya tentang kebenaran sejarah Gereja Katolik. Saya sudah mencintai Allah dan Firman-Nya, Kitab Suci, namun Saya juga mencintai Gereja Katolik. Salah satu hal yang paling mengetuk saya adalah posisi Gereja pada kesucian hidup (satu-satunya gereja yang 100% pro-life) dan tidak butuh waktu lama untuk menyadari bahwa Dia adalah benar dari segala sesuatu.

Saya sudah memiliki pemahaman yang benar tentang sakramen-sakramen, yaitu baptisan regenerasi dan transubstansiasi, di tahun-tahun saya di gereja Episkopal, tapi setelah saya menyadari bahwa hanya iman dan Alkitab saja tidaklah alkitabiah dan tak pernah diajarkan oleh Gereja, segala perlawanan saya terhadap Gereja Katolik jatuh. Pada saat itu, saya benar-benar ingin menjadi Katolik, tetapi gereja Anglo-Katolik benar-benar sudah dijalan saya. Kami Anglo-Katolik dan memiliki semua doktrin Katolik tanpa benar-benar menjadi Katolik, sehingga mudah untuk tinggal dan merasa bahwa saya "cukup dekat." Terutama karena Duane senang menjadi Anglikan dan tidak merasa sekuat tarikan yang saya lakukan untuk Gereja Katolik.

Martabat Kehidupan Manusia
Kami pindah dari Dallas ke Chicago pada tahun 2008, dan tidak pernah benar-benar menemukan sebuah gereja baru. Kami menghadiri sebuah gereja Lutheran selama sekitar satu tahun, di mana anak keempat kami dibaptis, dan kemudian melaju sekitar 80 mil ke gereja Episkopal kecil, namun masih belum merasa nyaman. Pada tahun 2010, setelah tak terduga, 18-minggu keguguran, saya punya sedikit gangguan dan pada dasarnya meminta Duane untuk mengantarkan saya pulang ke Dallas. Kami kembali ke Dallas dan kembali ke gereja Anglo-Katolik, tapi tidak merasa seperti di rumah lagi. Aku mulai menyadari betapa teologi - atau ketiadaan - di gereja Episkopal akhirnya memiliki dampak negatif pada saya.

Gereja Episkopal tidak memiliki kenyataan, teologi yang satu. Tentu saja, ada tiga puluh sembilan artikel, tetapi mereka tidak mengikat individu Anglikan dan saya bahkan tidak percaya banyak dari mereka sejak saya masih Anglo-Katolik (dan artikel-artikel yang berbau Protestan). Dalam gereja Episkopal bisa ada imam dan uskup wanita, imam dan uskup gay, dukungan keuangan untuk aborsi, dll. Sementara beberapa orang duduk-duduk meremas-remas tangan mereka yang bersifat progresif, tidak ada yang berubah karena tidak ada infrastruktur untuk melindungi kebenaran. Hanya satu Gereja yang memiliki itu dan itu adalah Gereja yang ingin kutinggali.

Anak kelima kami lahir di Dallas dan hal itu benar-benar sulit untuk pergi ke gereja yang sangat pro-kontrasepsi sementara mengerucutkan panggilan Tuhan bagi kita untuk terbuka terhadap kehidupan. Cukup banyak orang kecuali seorang imam muda yang membaptis dia dan berpikir bahwa kami gila untuk memiliki lebih dari dua anak dan entah secara sopan tidak mendukung atau terang-terangan mengejek kami. Sampai saat ini, teman Baptis yang memberikan saya baby shower  setelah anak kami yang tertua lahir telah menjadi satu-satunya baby shower saya. Bukan berarti saya butuh sesuatu, itu menjadi suatu hal yang menyenangkan untuk bersama orang lain merayakan karunia hidup dengan kami.

Meskipun saya senang berada kembali dengan keluarga saya dan teman-teman di Dallas, itu sulit karena suami saya masih bekerja di Chicago dan menghubungi dia sesering mungkin, seperti yang disebutkan, saya menjadi kecewa dengan gereja kami. Pada tahun 2012, kami akhirnya memutuskan akan lebih baik bagi kita untuk kembali ke Chicago. Saya bilang suami saya bahwa jika kita lakukan, saya akan menjadi Katolik, sesuatu yang telah di hati saya selama hampir dua belas tahun pada saat itu. Aku terdaftar di RCIA dan diterima ke dalam Gereja Katolik pada Malam Paskah 2013. Saya mencintai ajaran Gereja Katolik dan saya senang ketika orang benar-benar bahagia ketika saya mengumumkan bayi lain (nomor enam diperkirakan sekitar Natal 2013)! Terima kasih, Tuhan, karena telah membawa saya pulang!

Dua anak laki-laki tertua kami, Calvin umur 9 tahun dan Patrick 8 tahun, juga diterima dalam Gereja Katolik dan dikonfirmasi dengan saya di Malam Paskah dan semua anak-anak di kelas CCD. Duane belum dikonversi, tapi dia setia menghadiri Misa dengan keluarga kami dan saya diberkati untuk memiliki rasa penghargaan dan dukungan pada setiap langkah perjalanan saya.
Rebecca Hoekstra adalah seorang yang sibuk, homeschooling ibu dari lima, segera menjadi enam. Dia tinggal di daerah Northwest Indiana, dekat Chicago, dan senang membaca, memasak dan menghabiskan waktu bersama keluarganya. Ia terlibat dalam paroki setempat, St Augusta, di Lake Village, IN, di mana dia akan mengajar kelas CCD di musim gugur. 

Artikel ini diterjemahkan oleh Katolisitas Indonesia
Vivit Dominus in cuius conspectu sto.
 
Toggle Footer
Top