0 komentar

Paus Fransiskus Ekskomunikasi Imam Melbourne

Sebuah artikel mengenai berita singkat tentang Paus Fransiskus yang mengekskomunikasi seorang Imam dari Keuskupan Agung Melbourne bernama Grey Renold. Berita ini mungkin mengejutkan beberapa pihak karena Paus Fransiskus begitu dikenal dengan kepribadiannya yang rendah hati, namun dibalik sifatnya tersebut, Paus Fransiskus memiliki sifat yang amat tegas dan taat pada Iman Katolik, berikut artikel terjemahannya yang diambil dari The Age Victoria.



Seorang Imam pembangkang bernama Greg Reynolds telah dipecat dari jabatannya sebagai seorang Imam dan diekskomunikasi karena telah mendukung terciptanya Imam berjenis kelamin wanita dan gay – Pater Greg dipercaya sebagai Imam pertama yang pernah di ekskomunikasi di Melbourne.

Perintah ekskomunikasi ini pun datang langsung dari Vatikan, dan tanpa adanya permintaan dari Uskup Agung Melbourne, Denis Hart. Melihat hal ini, Greg tampaknya menyindir bahwa pemecatan dirinya awalnya bersifat pengaduan secara sembunyi-sembunyi yang merupakan teknik terbaik dari inkuisisi.

Dokumen Ekskomunikasi tersebut ditulis dalam bahasa Latin dan tanpa disertai dengan keterangan. Berita ekskomunikasi ini tertanda pada 31 Mei 2013 yang lalu, dengan hal ini yang dapat disimpulkan bahwa, dibawah otoritas dari Paus Fransiskus yang menjadi topik utama pada hari Kamis 19 Mei 2013 lalu, ia (Paus Fransiskus) menyerukan gereja yang kurang aturan dan terlalu terobsesi.

Pater Reynolds, yang mengundurkan diri sebagai Pastor Paroki pada tahun 2011 lalu dikemudian hari pada tahun 2012 mendirikan sebuah organisasi bernama “Katolik Inklusif”, mengatakan bahwa ia mungkin saja akan dipecat dari jabatannya sebagai Imam namun tidak akan diekskomunikasi. Namun hal tersebut, tentu tidak akan mengubah apa yang telah dilakukannya.

“Pada masa lalu ekskomunikasi adalah sesuatu yang bersifat besar, namun kini Hirarki (Gereja Katolik) telah kehilangan kepercayaan dan kehormatan.” ujarnya

''Aku hadir dalam posisi ini karena saya telah mengikuti hati nurani saya tentang tahbisan wanita dan pernikahan gay. ''

Menurut Ajaran Gereja, ekskomunikasi adalah sebuah sanksi terkuat dan dengan hal ini dapat dipastikan bahwa seseorang tidak dapat memegang jabatan atau menerima Sakramen apapun.

Media Fairfax memahami bahwa kasus ini dapat menyebabkan dampak bagi imam-imam Melbourne lainnya.

Uskup Agung Hart secara luas dikritik setelah penampilannya pada kasus penyelidikan di Victoria, mengenai bagaimana gereja menangani kasus pelecehan seksual terhadap anak, dan ketika ia menjawab pertanyaan tentang mengapa gereja membutuhkan rentang waktu hampir 18 tahun, untuk meminta Vatikan untuk memecat jabatan Imamat, Pater Desmond Gannon (tersangka pelaku Pedofilia), Hart hanya mengatakan “lebih baik terlambat daripada terlambat sama sekali.”

Seperti penghapusan Uskup Bill Morris dari Toowoomba, Vatikan bergerak relatif jauh lebih sigap ketimbang Pater Renold mengenai imam perempuan .

Pater Reynolds mengatakan bahwa, ia dipanggil untuk memenuhi Dekan dari Katedral St Patrick , John Salvano , pengacara kanonik , untuk membahas beberapa isu '' '' pada Rabu pagi.

Ketika ia tiba , Pater Salvano menerjemahkan dokumen untuknya:

''Dia mengatakan kepada saya bahwa Uskup Hart tidak melakukan hal ini, namun seseorang yang tidak diketahui telah mengirimkan notifikasi kepada Kongregasi Doktrin Iman.”

'' Vatikan tidak pernah menghubungi saya , dan hal itu tidak memberikan penjelasan lebih lanjut."

Pater Reynolds tidak memiliki sepeser uang ketika ia mengundurkan diri sebagai imam Melbourne, dan kemudian ditawarkan uang senilai $ 5.000 sebagai pembayaran selama 32 tahun pengabdiannya , meskipun ia mengatakan angka biasa adalah sekitar $ 1500 per tahun layanan - dalam kasusnya, $ 48.000. Negosiasi pun terus-menerus berlanjut.

Uskup Agung Hart mengatakan bahwa Pater Reynolds diekskomunikasi, disebabkan oleh fakultas dimana Pater Renolds menempuh pendidikan terus menentang Pater Renolds yang tetap merayakan Perayaan Ekaristi dan memberitakan ajaran yang bertentangan dengan ajaran Gereja.

Pater Reynolds bukanlah Katolik Australia pertama yang diekskomunikasi. Yang paling terkenal adalah Suster Mary MacKillop, yang dikucilkan oleh uskup setempat tapi kembali pada tahun 2010. 

Mari kita doakan Greg Reynold. Dominus illuminatio mea!
 
Toggle Footer
Top