0 komentar

NOTIFIKASI NAMA PAUS FRANSISKUS

Paus Fransiskus sedang berdoa di Basilika Santa Maria Mayor
Baru-baru ini banyak orang yang menyebut Paus kita yang baru Paus Fransiskus I, sebutan ini sebenarnya keliru, "seharusnya hanya nama Paus Fransiskus saja dan tanpa adanya tambahan "I" dikarenakan nama Fransiskus baru pertama kali digunakan sebagai nama Kepausan" ujar juru bicara Vatikan Pater Federico Lombardi S.J . Kita bisa mencari buktinya misalnya dari Paus Santo Fabianus, Paus Santo Fabianus menjadi Paus ke 20 pada tanggal 10 Januari 136 dan meninggal pada tanggal 20 Januari 250. Ia menggantikan Paus Anterus (235-236). Ia berasal dari kota Roma. Pada masa Kepausannya Gereja mengalami suatu periode yang amat nyaman dan tentram dari penganiayaan kekaisaran Roma. 

Paus Fabianus memulai mengatur adminitrasi Gereja di Roma dengan membagi menjadi tujuh kelompok umat dalam tujuh wilayah gerejani masing-masing dikepalai oleh seorang diakon. Ia juga mengangkat tujuh orang subdiakon untuk mengumpulkan laporan-laporan tertulis perihal penderitaan para martir dan bertanggungjawab atas pemindahan tulang belulang Sri Paus Santo Pontianus dari Sardinia ke Pekuburan Santo Kallistus di Roma.

Nama asli Beliau tidak diketahui secara pasti, namun ditulisan ini saya tidak menuliskan angka I dibelakang nama Beliau, karena nama Fabianus baru pertama kali digunakan dalam nama Kepausan. Sehingga apabila nanti ada seorang Paus baru lagi yang terpilih dan ia mengambil nama Fabianus maka nama Kepausannya akan bernama Paus Fabianus II. Sekarang marilah kita berdoa agar Paus kita yang baru ini, Paus Fransiskus mampu memimpin Gereja Kristus dan negara Vatikan sebijaksana mungkin seperti para pendahulunya yang lalu dan juga agar Beliau mampu hidup kudus dihadapan Allah seperti Paus Santo Fabianus, berpola pikir brilian seperti Paus Emeritus Benediktus XVI, memegang teguh iman Katolik seperti Beato Paus Pius IX dan melayani Kristus dan sesama dengan penuh kasih seperti Beato Paus Yohanes Paulus II. Amin

Tambahan:
Kisah selanjutnya Paus Santo Fabianus dapat anda lihat disini dan juga daftar Paus Gereja Katolik  disini

Dominus Illuminatio Mea!
 
Toggle Footer
Top