0 komentar

Paus Santo Fabianus


Paus Santo Fabianus menjadi Paus pada tanggal 10 Januari 136 dan meninggal pada tanggal 20 Januari 250. Ia menggantikan Paus Anterus (235-236). Ia berasal dari kota Roma. Pada masa kePausannya Gereja mengalami suatu periode yang amat nyaman tentram dari penganiayaan kekaisaran Roma. 

Paus Fabianus memulai mengatur adminitrasi Gereja di Roma dengan membagi menjadi tujuh kelompok umat dalam tujuh wilayah gerejani masing-masing dikepalai oleh seorang diakon. Ia juga mengangkat tujuh orang subdiakon untuk mengumpulkan laporan-laporan tertulis perihal penderitaan para martir dan bertanggungjawab atas pemindahan tulang belulang Sri Paus Santo Pontianus dari Sardinia ke Pekuburan Santo Kallistus di Roma. 


Ada sebuah kapel di samping kanan altar yang disana berdiri patung Paus Santo Fabianus, dan beberapa peninggalan yang baik berada di altar atau terkubur di bawah lantai kapel.


Disini terbaring jenazah Santo Sebastian yang awalnya dimakamkan di katakombe. Ini adalah labirin yang agakluas di terowongan. Ada sebuah kapel "besar" (dibandingkan dengan terowongan) di tempat di mana tubuh SantoSebastian awalnya berada. Akhirnya, sebuah gereja dibangun di atas katakombe dan tubuhnya dipindahkan ke altar samping di gereja yang menyandang namanya. 

Peninggalan lain yang menarik di sisi lain gereja adalah salah satu anak panah yang pernah ditembak Santo Sebastian. 

Referensi:Iman Katolik
Dominus illuminatio mea 
 
Toggle Footer
Top