0 komentar

Katekese Singkat Nama Yesus Yang Tersuci


Nama Yesus kristus diberikan oleh Malaikat pada waktu perwataan kabar gembira kepada Maria, nama "Yesus" berarti "Allah yang menyelamatkan”. Nama itu mengungkapkan identitas dan misi-Nya karena Dialah yang akan menyelamatkan umatNya dari dosa (Mat 1:21). Rasul Petrus menyatakan bahwa dibawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan (Kis 4:12).

Kristus adalah kata Yunani untuk kata Ibrani Messias, yang berarti Yang Diurapi. Yesus adalah Kristus karena Dia dikuduskan oleh Allah, diurapi oleh Roh Kudus untuk misi penebusan dosa manusia. Dialah Mesias yang dinantikan oleh bangsa Israel, diutus ke dunia oleh Allah Bapa.Yesus menerima gelar Mesias, tetapi dengan menjelaskan makna istilah itu: ”turun dari surga”(Yoh3:13), disalibkan dan kemudian bangkit, Dia adalah hamba yang menderita yang memberikan nyawanya menjadi tebusan bagi banyak orang (Mat 20:28).

Dari nama Kristus-lah berasal sebutan orang Kristiani. Yesus adalah Putra Allah dalam arti yang unik dan sempurna. Pada saat pembaptisan dan transfigurasi, suara Bapa menyebut Yesus sebagai “Putranya yang terkasih". Dalam mengenalkan diri-Nya sebagai sang Putra yang mengenal Bapa (Mat 11:27), Yesus menegaskan relasinya yang tunggal dan kekal dengan BapaNya. 

Dia menjadi pusat pewartaan para Rasul yang telah melihat “kemuliaannya sebagai anak tunggal bapa” (Yoh1:14). Dalam Alkitab, gelar ini biasanya menyatakan Allah sebagai Yang Mahakuasa. Yesus mengenakan gelar ini untuk diri-Nya sendiri dan mewahyukan kekuasaan Ilahinya atas alam raya, iblis, dosa dan alam maut terutama dengan kebangkitanNya.

Dominus Illuminatio Mea!
 
Toggle Footer
Top