0 komentar

Naskah Pidato Pertama Paus Fransiskus


Selamat malam saudara dan saudari!

Seperti yang anda semua ketahui, bahwa Konklaf  mengemban sebuah tugas untuk menunjuk salah seorang untuk menjadi Uskup Roma. Dan tampaknya para Kardinal yang merupakan saudara-saudara saya harus melakukan sebuah pencarian maupun perjalanan sampai ke ujung bumi untuk mendapatkannya dan akhirnya disinilah dia berada. Saya mengucapkan terima kasih atas sambutan dan antusias yang anda berikan kepada saya dari Keuskupan Roma.

Pertama-tama marilah kita berdoa untuk Uskup Emeritus Benediktus XVI, mari kita semua berdoa bersama-sama untuk Beliau, agar Tuhan senantiasa melimpahkan berkat dan kasihNya kepada Beliau dan juga agar Bunda kita, Maria selalu melindunginya.

[Berdoa Bapa Kami, Salam Maria dan Kemuliaan]

Dan sekarang, Saya ajak anda semua untuk bersama-sama menempuh sebuah perjalanan, antara Uskup dengan umat beriman. Perjalanan Gereja Roma ini dituntut untuk memimpin seluruh Gereja dengan kasih, dimana kita sebagai umat Allah harus bersama-sama menjujung sebuah ikatan persaudaraan yang didalamnya terdapat sebuah tali kasih yang saling mempercayai satu sama lain. Sekarang marilah kita semua saling berdoa untuk satu sama lain dan bagi seluruh dunia sehingga terciptalah semangat persaudaraan sejati. Saya berharap agar perjalanan Gereja yang kita awali pada hari ini, bersama-sama dengan para Kardinal, berbuah yang melimpah-limpah bagi karya penginjilan di kota yang indah ini.

Dan kini saya akan memberikan berkat kepada anda dan sebelum saya memberikan berkat, saya memohon kepada anda, sebuah permintaan. Sebelum saya memberkati anda, saya memohon agar anda mendoakan saya kepada Allah agar Allah menurunkan berkatNya bagi Saya - doa umat bagi Bapa Uskup – dan sekarang marilah kita berdoa didalam ketenangan.

[Seorang Protodiakon mengumumkan bahwa setiap orang yang menerima berkat Paus, baik secara langsung atau melalui radio, televisi atau sarana komunikasi lainnya. Telah menerima indulgensi penuh dalam bentuk yang ditetapkan oleh Gereja. Ia (protodiakon) berdoa agar Allah Yang Mahakuasa melindungi dan menjaga Paus sehingga Beliau mampu memimpin Gereja Kristus tahun-tahun yang akan datang, dan agar Beliau membuahkan sebuah rasa perdamaian kepada Gereja di seluruh dunia.]

[Dan kini Paus Fransiskus memberikan berkat pertamanya sebagai seorang Paus atau yang lebih dikenal dengan istilah Urbi et Orbi.]

Kini Saya akan memberikan berkat kepada anda semua dan bagi seluruh dunia, untuk setiap orang baik Pria maupun Wanita.

Saudara dan saudari, kini Saya akan meninggalkan anda. Terima kasih banyak atas sambutan yang begitu besar dari anda sekalian. Doakan saya dan sampai jumpa lagi nanti. Kita akan segera bertemu lagi. Besok, saya akan berdoa kepada Bunda Maria, meminta agar Ia melindungi Roma. Selamat malam dan beristirahatlah dengan nyenyak.




sumber: news.va
Dominus illuminatio mea 
 
Toggle Footer
Top