0 komentar

Respon Terhadap Surat Edaran Paskah Gereja Yesus Sejati Bagian I

Tampak sampul depan
Pertama-tama sebelum anda beranjak untuk melihat respon saya, terhadap surat edaran dari gereja Yesus sejati (kita sebagai umat Katolik lebih tepat apabila memanggil gereja saudara-saudari kita yang beragama Protestan, dengan sebutan komunitas gerejawi dan tidak tepat apabila kita menyebut mereka sebagai gereja). Maka terlebih dahulu saya akan mengajak anda sekalian untuk melihat bagaimana dan apa itu hari raya Kebangkitan Tuhan kita Yesus Kristus.

Paskah dalam berbagai bahasa memekai kata yang sama untuk menyebut Paskah Yahudi dan Paskah Kristiani yakni Pascha, Pasqua, Pesach, dll. Sedangkan didalam bahasa Inggris istilah untuk Paskah ialah Easter dan inilah kata kunci yang sering digunakan oleh orang yang tidak mengerti sejarah dan saking hebatnya kata “Easter” ini hingga membuat komunitas gerejawi Yesus sejati sampai tidak merayakan Paskah!

Asal muasal hari raya Paskah berasal dari perintah Allah sendiri (Im 23:4-5) untuk mengenang keluarnya Bangsa Israel dari tanah Mesir. Perayaan Paskah Kristiani memang banyak “berasal dari perayaan Paskah Yahudi”, oleh karena itu tidak bisa dikatakan, bahwa Paskah Yahudi dan Paskah Kristiani tidak ada hubungannya. Unsur pokok dari Perayaan Paskah itu sendiri yakni anak domba Paskah namun didalam Kekristenan hal itu ditiadakan karena kini Kristuslah yang menjadi domba Paskahnya (Yoh 1:29). Perjamuan domba Paskah dalam Gereja Katolik kini dirayakan dalam Misa Kamis Putih, secara nyata Kristus betul-betul hadir diantara umat beriman untuk mengenang Perjamuan Paskah, sekaligus sebagai tanda pengurbanan sendiri Tubuh dan DarahNya dan juga saat-saat terakhir dimana Ia bersantap dengan 12 Rasul yang begitu dikasihiNya (Mat 26:17). Inilah tanda dimana kita sebagai umat beriman dibebaskan dari perbudakan dosa dan dirubah menjadi manusia baru.

Dalam kegenapan waktu, Yesus datang sebagai “Anak Domba Allah” (Yoh 1:29). Ia adalah “Kristus, anak domba Paskah kita,” yang “sudah dikurbankan” (1Kor 5:7). Karena itu Santo Paulus berkata “marilah kita berpesta, bukan dengan ragi yang lama, yakni ragi keburukan dan kejahatan, tetapi dengan roti yang tidak beragi, yaitu kemurnian dan kebenaran” (1Kor 5:8).

Sekarang, setelah kita mengetahui bagaimana dan apa itu hari raya Paskah maka saya akan memaparkan disini respon saya terhadap ‘surat edaran’ yang dikeluarkan oleh komunitas gerejawi Yesus sejati. Perlu anda ketahui bahwa disini saya hanya akan merespon hal-hal yang tidak sesuai dengan ajaran Gereja Katolik namun hal itu dirujukan kepada Gereja Katolik. Tulisan dari edaran tersebut saya cantumkan berwarna biru sedangkan respon saya berwarna hitam.

Surat edaran dari komunitas gerejawi Yesus sejati ini bisa anda download disini (meskipun gaya penulisannya agak berbeda namun esensi dari edaran ini tidak jauh beda dengan yang punya saya).

1. Edaran ini mencantumkan kutipan dari Efesus 12:14-15 dan Kolose 2:14-17

Respon: Untuk merespon hal ini saya akan mencantumkan sebuah artikel dari Katolisitas.orgBanyak orang yang bingung tentang apakah Yesus membatalkan atau menggenapi Hukum Taurat. Didalam Matius 5:17 tertulis “Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya.” Sedangkan didalam Efesus 2:15 tertuliskan “sebab dengan mati-Nya sebagai manusia Ia telah membatalkan hukum Taurat dengan segala perintah dan ketentuannya, untuk menciptakan keduanya menjadi satu manusia baru di dalam diri-Nya, dan dengan itu mengadakan damai sejahtera.” 

1.  Moral Law atau hukum moral: Hukum moral adalah bagian dari hukum kodrati, hukum yang menjadi bagian dari kodrat manusia, sehingga Rasul Paulus mengatakan “Sebab dengan itu mereka menunjukkan, bahwa isi hukum Taurat ada tertulis di dalam hati mereka dan suara hati mereka turut bersaksi dan pikiran mereka saling menuduh atau saling membela” (Rom 2:15). Contoh dari hukum ini adalah yang tertulis di 10 perintah Allah, dimana terdiri dari dua loh batu, yang mencerminkan kasih kepada Allah (perintah 1-3) dan juga kasih kepada sesama (perintah 4-10). Hukum kodrati ini adalah hukum yang tetap mengikat(bahkan sampai sekarang) dan digenapi dengan kedatangan Kristus, karena hukum kodrati ini adalah merupakan partisipasi di dalam hukum Tuhan. 
Dalam pengertian inilah maka memang Tuhan Yesus tidak mengubah satu titikpun, sebab segala yang tertulis dalam hukum moral ini (sepuluh perintah Allah) masih berlaku sampai sekarang. Dengan prinsip ini kita melihat bahwa menguduskan hari Sabat dan memberikan persembahan perpuluhan, sesungguhnya adalah bagian dari hukum moral/ kodrat, di mana umat mempersembahkan waktu khusus (Sabat) dan hasil jerih payah (perpuluhan) kepada Allah.

2. Ceremonial law atau hukum seremonial: sebagai suatu ekpresi untuk memisahkan sesuatu yang sakral dari yang duniawi yang juga berdasarkan prinsip hukum kodrat, seperti: hukum persembahan termasuk sunat (Kel 17:10, Im 12:3), perpuluhan (Mal 3:6-12), tentang kesakralan, proses penyucian untuk persembahan, tentang makanan, pakaian, sikap, dll. Hukum ini tidak lagi berlaku lagi dengan kedatangan Kristus, karena Kristus sendiri adalah persembahan yang sempurna, Kristus menjadi Anak Domba yang dikurbankan. Maka persembahan yang paling berkenan kepada Allah adalah kurban kita yang dipersatukan dengan korban Kristus dalam Ekaristi kudus. Itulah sebabnya di Gereja Katolik sesuai dengan apa yang diajarkan oleh Yesus dan juga para rasul (Petrus dan Paulus) juga tidak mempermasalahkan makanan-makanan persembahan, karena bukan yang masuk yang najis, namun yang keluar. Ulasan ini dapat melihat di jawaban ini (silakan klik ini, dan juga klik ini). Kalau kita mau terus menjalankan hukum seremonial secara konsisten, maka kita harus juga menjalankan peraturan tentang makanan yang lain, seperti larangan untuk makan babi hutan, jenis binatang di air yang tidak bersisik (ikan lele), katak, dll. (Lih Im 11). 

3. Judicial law atau hukum yudisial: Ini adalah merupakan suatu peraturan yang menetapkan hukuman/ sangsi sehingga peraturan dapat dijalankan dengan baik. Oleh karena itu, maka peraturan ini sangat rinci, terutama untuk mengatur hubungan dengan sesama, seperti: peraturan untuk penguasa, bagaimana memperlakukan orang asing, dll. Contoh dari hukum yudisial: kalau mencuri domba harus dikembalikan empat kali lipat (Kel 22:1); hukum cambuk tidak boleh lebih dari empat puluh kali (Ul 25:3); mata ganti mata, gigi ganti gigi (Kel 21:24, Im 24:20, Ul 19:21); sangsi jika hukum perpuluhan dilanggar (lih. Bil 18:26,32). Setelah kedatangan Kristus, maka judicial law ini tidak berlaku lagi. Kalau kita mau konsisten, kita juga harus menjalankan hukuman rajam, hukum cambuk, dll. Di masa sekarang, hukum yudisial ditetapkan oleh penguasa/ pemerintah negara yang bersangkutan sebagai perwakilan dari Tuhan, sehingga hukum dapat ditegakkan untuk kepentingan bersama. Menarik bahwa Yesus tidak mengajarkan hukum yudisial, karena hal itu telah diserahkan kepada kewenangan otoritas pada saat itu. Dan kewenangan disiplin di dalam kawanan Kristus diserahkan kepada Gereja, di mana disiplin ini dapat berubah sejalan dengan perkembangan waktu dan keadaan. Ini juga yang mendasari perubahan Kitab Hukum Gereja 1917 ke 1983.

Dengan adanya penjelasan dari St. Thomas ini, maka, kita mengetahui bahwa memang Kristus merupakan penggenapan Hukum Taurat Musa. Dan dengan peranNya sebagai penggenapan, maka Kristus tidak mengubah hukum moral, namun hukum seremonial dan yudisial yang dulu tidak berlaku lagi, karena hukum- hukum tersebut hanya merupakan ‘persiapan’ yang disyaratkan Allah agar umat-Nya dapat menerima dan menghargai kesempurnaan yang diberikan oleh Kristus. Maka dalam PB, sunat, tidak lagi sunat jasmani, tetapi sunat rohani (Rom 2:29). 

Penekanan kerohanian ini juga nampak dalam pengaturan persembahan; sebab persembahan perpuluhan PL disempurnakan oleh perintah untuk memberi persembahan kepada Allah dengan suka cita sesuai dengan kerelaan hati (lih. 2 Kor 9:7). Dengan demikian, maka Allah tidak lagi memberikan patokan tertentu; dan pada orang-orang tertentu, “kerelaan hati dan sukacita” ini malah melebihi dari sepuluh persen. Kita ketahui dari kisah hidup para kudus, dan juga pada para imam dan biarawan dan biarawati, yang sungguh mempersembahkan segala yang mereka miliki untuk Tuhan.  Dengan demikian mereka mengikuti teladan hidup Kristus yang memberikan Diri-Nya secara total kepada Allah Bapa dan manusia. Di sinilah arti bagaimana penggenapan Hukum Taurat memberikan kepada kita hukum kasih yang baru. Yesus tidak membatalkan hukum Taurat, sebab dengan mengenal hukum Taurat, kita akan dapat lebih memahami Hukum Kasih yang diberikan oleh Kristus. 

Kristus yang telah bangkit
Demikian juga dalam hal hukum yudisial/ judicial law. Penggenapan PL oleh Kristus mengakibatkan dikenalnya nilai-nilai Injil secara universal di seluruh dunia. Maka prinsip martabat hak-hak azasi manusia ditegakkan secara umum di negara manapun, oleh pihak otoritas pemerintahan setempat. Atau, di dalam kalangan umat Allah, penetapan hukum yudisial ini diberikan Yesus kepada Gereja, seperti yang tertera dalam Kitab Hukum Kanonik. Gereja yang menjadi umat pilihan Allah yang baru mendapat kuasa untuk mengatur anggota-anggota-nya (lih. Mat 18:18) dan segala ketentuan hukum yudisial ini adalah berdasarkan ajaran Kristus. Dengan Kristus sebagai penggenapan Hukum Taurat, maka tidak lagi dikenal prinsip denda, ‘mata ganti mata dan gigi ganti gigi’ (Kel 21:24, Mat 5:58) namun kembali ke pengajaran asal mula ‘kasihilah sesamamu seperti dirimu sendiri’ (Mat 22:39), yang disempurnakan Kristus menjadi, ‘kasihilah musuhmu’ (Mat 5:44). 

Pemahaman kita akan perintah kasih yang diajarkan oleh Yesus ini akan dapat lebih kita hayati setelah pertama- tama mengetahui bahwa kita harus melakukan prinsip keadilan seperti yang sangat ditekankan di dalam PL. Baru setelah kita menerapkan prinsip keadilan, kita mengetahui bahwa ajaran Kasih Kristus di PB  ternyata jauh melampaui prinsip keadilan itu. Dengan pengertian ini maka Yesus memang tidak menginginkan seorangpun untuk menghilangkan satu titikpun dari hukum Taurat (lih. Mat 5:17-19), sebab Ia ingin agar kita dapat melihat secara utuh penggenapan dan penyempurnaan hukum Taurat itu dalam diri-Nya. 
2. Arti perayaan Paskah di kalangan kristen sekarang ini telah bergeser dari arti paskah yang sesungguhnya. Paskah sekarang ini dipakai untuk memperingati kebangkitan Yesus, padahal Tuhan Yesus tidak pernah memerintahkan umat-nya untuk memperingati kelahiran dan kebangkitan-nya. Dia hanya memerintahkan kita untuk memperingati kematian-nya, yaitu dalam Perjamuan Kudus (1Kor 11:23-26).
ResponKesimpulan yang terlalu jauh. Dari dulu hingga sekarang, Paskah merupakan Perayaan berkesinambungan Gereja Purba yang tetap dipelihara oleh Gereja Katolik, Paskah merupakan sebuah puncak dan perayaan terbesar dalam Gereja Perdana. Kematian Kristus itu akan menjadi sia-sia apabila Ia tidak bangkit. Kita pikir dengan akal sehat saja, apakah pernah Yesus menjatuhkan Alkitab dari Surga lalu berkata “Ambilah Kitab ini, percayalah kepada Buku ini karena inilah satu-satuNya sumber Iman yang sejati yang berasal dari padaKu?” Tapi mengapa banyak sekali orang yang hanya melandaskan Imannya pada Alkitab? Benda itu tidak pernah menyuruh kita untuk hanya percaya padanya.

Kita sebagai seorang Katolik, tidak hanya melandaskan Iman kita hanya kepada Alkitab saja. Namun pada 3 sumber Iman, Alkitab, Tradisi Apostolik dan Magisterium Gereja. Gereja Katolik selalu percaya bahwa Alkitab adalah tiang Iman yang derajatNya paling tinggi dari 3 sumber Iman (regula Fidei) namun tidak pernah mengganggap Alkitab sebagai satu-satunya sumber iman! Secara aktual Gereja Katolik mengakui Kitab Suci dan Tradisi Apostolik sebagai the supreme rule of faith (Regula Fidei Tertinggi). Kitab Suci dan Tradisi Suci adalah wahyu Ilahi, sementara Magisterium Gereja melayaninya. Berikut ini salah satu kutipan Dokumen Resmi Gereja Katolik: “Indeed, the word of God is given to us in sacred Scripture as an inspired testimony to revelation; togetherwith the Church’s living Tradition, it constitutes the supreme rule of faith.” (Paus Emeritus Benediktus XVI, Seruan Apostolik Verbum Domini, 30 September 2010).

Mereka sia-sia berkata tentang Kematian Kristus dan Perjamuan Kudus karena keduanya sangat erat berhubungan dengan Perayaan Paskah, sementara mereka sendiri mengganggap Paskah merupakan perayaan Pagan, tentu yang namanya Kematian Kristus dan Perjamuan Kudus sudah putus total dari komunitas gerejawi ini. Karena ketika kita merayakan Perayaan Ekaristi/Perjamuan Kudus/ Perjamuan Paskah kita seperti masuk ke dalam mesin waktu dimana kita umat Allah dihantar kembali, pada misteri Iman ke masa-masa dimana Kristus melakukan Perjamuan Paskah sekaligus tempat dimana Kristus merayakan Perjamuan untuk terakhir kalinya bersama ke 12 MuridNya. Perjamuan Paskah inilah yang menyelamatkan kita.

Kita dapat mempelajari apa yang dikatakan oleh Bapa Gereja perdana tentang Ekaristi dan silahkan bandingkan apa yang dikatakan oleh Bapa Gereja yang merupakan suara dari Roh Kudus dengan pengajaran komunitas ini. Apabila kita menelusuri jejak Gereja para Rasul maka kita akan berpikir sebelum Kitab Suci diterjemahkan oleh Santo Hieronimus dan dikanonkan oleh Paus Damasus I, apa yang menjadi landasan iman bagi umat beriman Gereja Perdana pada saat itu? 

 
Toggle Footer
Top