0 komentar

Bentuk-bentuk Salib Kristus

Hari ini Gereja Katolik merayakan Pesta Salib Suci,  Salib adalah lambang dari setiap orang Kristen dulunya Konon ketika raja Persia menaklukkan Tanah Suci dan menduduki Yerusalem, ia merampas Salib Yesus dan membawanya ke Persia. Tetapi tidak lama kemudian ketika Kaisar Romawi Heraklius mengalahkan Persia, Salib Tuhan itu dikembalikan atas tuntutannya. Heraklius sendiri memikul Salib Tuhan itu hingga ke puncak Golgotha. Pada abad keempat, Salib itu ditemukan oleh Santa Helena, ibu Kaisar Konstantinus Agung. Sebuah gereja dibangun di sana sebagai penghormatan terhadap Salib Tuhan itu.

1. Salib Latin

Salib Latin atau dalam bahasa Latin Crux Immissa adalah bentuk Salib Kristus yang digunakan di Gereja Katolik Roma .

2. Salib Bizantium

Salib ini palang 3 buah ini  digunakan oleh Gereja Katolik Timur dan Ortodoks Timur. Palang pertama yang melintang di bagian atas ada tertulis INRI (Iesus Nazareus Rex Iudaeorum), kemudian palang kedua menggambarkan kedua tangan Kristus yang terentang dikayu Salib dan terakhir palang ketiga menggambarkan pijakan kaki Tuhan Yesus. Beberapa orang yang baru melihatnya mungkin akan merasa aneh dan tidak terbiasa karena disalib ini tidak patung Kristus hanya ada Ikon-Nya saja.

3. Salib Yerusalem




Disebut juga Salib Tentara Salib (Crusaders Cross). Salib ini tersusun dari 5 buah Salib Yunani, satu buah salib besar dan 4 lainnya salib kecil, yang menyimbolkan: 5 luka Kristus,  Salib besar menggambarkan salib Tuhan Yesus sedangkan  4 salib kecil menggambarkan 4 kitab Injil dan. Salib ini adalah simbol umum yang digunakan selama perang melawan agresi Islam.

4. Salib Slavonik

Salib bentuk ini adalah salib Bizantium  sama dengan yang ada di nomor 2 tadi dan salib ini  digunakan oleh Gereja Katolik Timur tradisi Slavonik dan Ortodoks Rusia. - Palang paling atas bertuliskan "Inilah Raja orang Yahudi", lalu  Palang tengah mengambarkan tempat tangan Kristus dipakukan, Palang paling bawah tempat kaki Kristus dipakukan. Palang ini miring, sebagian naik dan sebagian turun, karena "Kristus tanda perbantahan yang akan mengangkat orang-orang yang percaya kepada-Nya, dan akan menjatuhkan orang-orang yang menolak Dia". Di bawah salib ada tengkorak. Karena Kristus disalibkan di bukit Golgota, bukit tengkorak. Yang konon menurut tradisi adalah tempat Nabi Adam dikuburkan. Makna teologisnya adalah Kristus dengan kematiannya menginjak-injak maut, mengalahkan dosa dan akibat-akibatnya, menyelamatkan Adam dan mengembalikan manusia dan alam semesta kepada fitrah yang sesungguhnya : bersatu dengan Allah, dikuduskan dan dijadikan serupa dengan-Nya. 

5.Salib Benediktus

Saya sudah pernah membahasnya, anda dapat melihatnya disini

6.Salib St. Petrus (Salib Terbalik)


Dalam era modern, salib terbalik kerap digunakan sebagai lambang Satanist (pengikut Gereja Setan), simbol pemberontakan, atau setidaknya untuk mengejek Kekristenan, yang umumnya berlambang salib tegak. Dulu juga pernah beredar foto Beato Paus Yohanes Paulus II yang sedang duduk di kursi dengan lambang salib terbalik. Mereka yang tidak mengerti kemudian menganggapnya sebagai bukti bahwa Sri Paus adalah Antikristus dan Gereja Katolik sebagai buah karya Setan. Ini membuat banyak orang Katolik kemudian bimbang.

Namun ternyata, salib terbalik memiliki makna yang sangat indah dan sangat Katolik, tanpa ada sedikitpun makna jahat di dalamnya!Dalam tradisi Katolik, salib terbalik disebut juga Salib Santo Petrus. Ini karena, saat hendak dimartir di atas kayu salib, Santo Petrus Rasul menolak untuk disalibkan tegak, sebab ia merasa tidak pantas disamakan dengan Tuhannya. Petrus meminta untuk disalibkan terbalik sebagai bentuk kerendahhatian dan penghormatan kepada Kristus.

Selain itu, kita juga ingat bahwa Santo Petrus merupakan Paus pertama Gereja Allah. Maka tidaklah aneh jika beberapa kursi kepausan memiliki ukiran salib terbalik. Ukiran ini tidak lain dan tidak bukan hanya mau menandakan bahwa kursi tersebut adalah kursi Paus. Tentunya, lambang salib terbalik sudah jarang kita temukan saat ini, sebab maknanya sudah banyak bergeser. Akan tetapi, harapannya adalah, bila anda berkesempatan mengunjungi gereja-gereja tua di mana di dalamnya terdapat lambang salib terbalik, anda tidak perlu lagi merasa bimbang, takut diejek non-Katolik, atau goyah imannya.


Sebab, MAKNA ASLI dari salib terbalik adalah SIKAP RENDAH HATI dan PENGHORMATAN terhadap Kristus yang tersalib.

7.Salib St. Andreas 


Salib ini menggambarkan St. Andreas, saudara St. Petrus, yang disalibkan dengan salib berbentuk X ini. Anda dapat melihat kisah meninggalnya Para Rasul disini.

8. Salib Tau

Salib Tau atau Crux Commissa adalah salib berbentuk T. Didalam Perjanjian Lama sendiri Salib ini sudah diberitakan oleh Nabi Yehezkiel Yeh 9:4 Firman TUHAN kepadanya: "Berjalanlah dari tengah-tengah kota, yaitu Yerusalem dan tulislah huruf T (Tau) pada dahi orang-orang yang berkeluh kesah karena segala perbuatan-perbuatan keji yang dilakukan di sana."

9. Salib Kalvari



Salib Kalvari memiliki tiga tangga yang menggambarkan tiga kebajikan teologis: Iman, Harapan dan Kasih.

10. Salib Malta

Salib Malta biasanya digunakan oleh dengan Ksatria-ksatria St. Yohanes atau Ksatria dari Malta. 8 sudut pada Salib ini menyimbolkan 8 Sabda Bahagia. 


11. Salib Yunani




Salib Yunani (Greek Cross) adalah bentuk Salib selanjutnya. Dulunya pengikut Kristus menggunakan ini untuk menyamarkan identitasnya.

12. Salib Penginjil (Salib Evangelis)

Salib ini memiliki empat tangga di bagian bawah yang merepresentasikan empat Kitab Injil; Matius, Markus, Lukas dan Yohanes.

13.Salib San Damiano

Salib San Damiano pada awalnya dibuat oleh seorang seniman dari Umbrian. Salib ini dinamakan Salib San Damiano karena sang seniman menaruh pertama kali salib ini di Gereja San Damiano di Asisi. Di hadapan salib inilah, Seorang Santo yang berperan besar dalam dunia Gereja Katolik yaitu St. Fransiskus dari Assisi bertobat .

Referensi
1.Katolik Timur
2.Iman Katolik

Dominus illuminatio mea!
 
Toggle Footer
Top