0 komentar

Deklarasi Umum Paus Fransiskus dan Patriarkh Ekumenis Bartholomeus I


(Radio Vatikan) Paus Fransiskus dan Patriarkh Ekumenis, Bartholomeus I, pada hari Minggu mengadakan pembicaraan pribadi di Yerusalem, dan menandatangani deklarasi umum dimana mereka berjanji untuk melanjutkan jalan menuju persatuan antara Gereja Katolik dan Ortodoks. Pertemuan mereka menandai ulang tahun ke-50 dari pertemuan bersejarah antara Paus Paulus VI dan Patriarkh Athenagoras tahun 1964 yang lalu. Dalam deklarasi bersama mereka, Paus Fransiskus dan Patriarkh Bartholomeus mengatakan itu adalah tugas mereka untuk bekerja sama, untuk melindungi martabat manusia dan keluarga dan membangun masyarakat manusiawi di mana tidak ada yang merasa dikecualikan. Mereka juga menekankan, perlunya untuk menjaga ciptaan Allah dan hak kebebasan beragama . Kedua pemimpin ini menyatakan, keprihatinan atas situasi yang dihadapi orang-orang Kristen di tengah konflik di Timur Tengah, dan sekaligus juga berbicara tentang urgensi jam yang memaksa mereka untuk mencari rekonsiliasi, dan persatuan umat manusia yang menghormati sepenuhnya perbedaan yang telah ada.

Berikut adalah teks terjemahan bahasa Indonesia tidak resmi, yang diterjemahkan oleh blog Katolisitas Indonesia dari news.va yang berisikan “Deklarasi Umum Paus Fransiskus dan Patriarkh Ekumenis Bartholomeus I":

1. Seperti pendahulu kita yang terhormat, yaitu Paus Paulus VI dan Patriark Ekumenis Athenagoras yang bertemu di sini, di Yerusalem lima puluh tahun yang lalu. Kami juga, Paus Fransiskus dan Patriarkh Ekumenis Bartolomeus, bertekad untuk bertemu di Tanah Suci di mana Penebus kita, Kristus Tuhan kita hidup, mengajar, wafat , bangkit kembali, dan naik ke surga, dimana Ia mengutus Roh Kudus di Gereja bayi" (communiqué umum Paus Paulus VI dan Patriarkh Athenagoras, diterbitkan setelah pertemuan mereka pada 6 Januari 1964). Pertemuan kami  merupakan salah pertemuan dari Uskup Gereja Roma dan Konstantinopel yang didirikan masing-masing oleh dua saudara, yaitu Rasul Petrus dan Andreas, hal ini jelas merupakan sumber sukacita rohani yang mendalam bagi kita. Ini menghadirkan kesempatan takdir untuk merefleksikan kedalaman dan otentisitas ikatan yang ada pada kami, yang merupakan buah dari sebuah perjalanan penuh rahmat, yang dimana Tuhan telah membimbing kami sejak hari terberkati lima puluh tahun yang lalu.

2 . Pertemuan persaudaraan kita hari ini, merupakan langkah baru dan begitu diperlukan pada perjalanan menuju kesatuan, yang hanya Roh Kuduslah dapat memimpin kita, dalam persekutuan keragaman yang sah . Kami menyerukan kedalam benak dengan rasa syukur yang mendalam, langkah-langkah yang Tuhan telah mungkinkan bagi kita untuk dilakukan. Pelukan yang saling bertukar antara Paus Paulus VI dan Patriarkh Athenagoras disini di Yerusalem, setelah berabad-abad membisu, membentangkan sebuah jalan bagi gerakan yang penting, penghapusan dari memori dan dari tengah-tengah Gereja tindakan saling ekskomunikasi pada tahun 1054. Ini diikuti oleh pertukaran kunjungan masing-masing antara Melihat Roma dan Konstantinopel, melalui korespondensi reguler dan, kemudian, dengan keputusan yang diumumkan oleh Paus Yohanes Paulus II dan Patriark Dimitrios, kedua memori terberkati, untuk memulai dialog teologis kebenaran antara Katolik dan Ortodoks. Selama tahun-tahun ini, Allah, sumber segala damai dan kasih, telah mengajarkan kita untuk menganggap satu sama lain sebagai anggota dari keluarga Kristen yang sama, di bawah satu Tuhan dan Juruselamat, Yesus Kristus, dan untuk saling mengasihi satu sama lain, sehingga kita mampu saling mengakui iman kita dalam Injil Kristus yang sama, seperti yang diterima oleh para Rasul dan diekspresikan dan diwariskan kepada kita oleh Dewan Ekumenis dan Bapa Gereja. Sementara dengan sepenuhnya sadar, tidak mencapai tujuan persekutuan penuh, hari ini kami mengkonfirmasi komitmen kami untuk terus berjalan bersama, menuju kesatuan yang Kristus Tuhan kita doakan kepada Bapa sehingga "semuanya menjadi satu" ( Yoh 17:21).

3 . Menyadari bahwa persatuan diwujudkan dalam kasih kepada Allah dan kasih kepada sesama, kami menantikan antisipasi semangat untuk hari di mana kita akhirnya akan mengambil bagian bersama dalam perjamuan Ekaristi. Sebagai orang Kristen, kita dipanggil untuk mempersiapkan diri dalam menerima karunia komuni Ekaristi, sesuai dengan ajaran Santo Irenaeus dari Lyon (Against Heresies, IV, 18, 5, PG 7, 1028), melalui pengakuan dari satu iman, ketekunan doa, pertobatan batin, pembaharuan kehidupan dan dialog persaudaraan. Demi meraih harapan untuk tujuan, kami akan memanifestasi kepada dunia, kasih Allah yang kita diakui sebagai murid-murid Yesus Kristus yang sejati (bdk. Yoh 13:35).

4. Untuk tujuan ini, dialog teologis yang dilakukan oleh Joint International Commission menawarkan kontribusi mendasar untuk menemukan persekutuan penuh antara Katolik dan Ortodoks. Sepanjang waktu berikutnya, Paus Yohanes Paulus II dan Benediktus XVI, dan Patriarkh Dimitrios, kemajuan pertemuan teologis kami telah substansial. Hari ini, kami menyampaikan penghargaan yang tulus untuk prestasi sampai saat ini, serta untuk usaha saat ini. Ini bukan latihan teoritis belaka, tapi latihan dalam kebenaran dan kasih yang menuntut pengetahuan yang lebih dalam, tradisi masing-masing dalam rangka untuk memahami mereka dan belajar dari mereka. Dengan demikian, kami menegaskan sekali lagi bahwa dialog teologis tidak mencari denominator yang rendah dalam hal teologis, untuk mencapai kompromi, tetapi lebih tentang memperdalam pemahaman seseorang, tentang seluruh kebenaran bahwa Kristus telah diberikan kepada Gereja-Nya, kebenaran yang kita, tidak pernah berhenti memahami dengan lebih baik karena kita mengikuti bisikan Roh Kudus. Oleh karena itu, kami menegaskan bersama bahwa kesetiaan kita kepada Tuhan, menuntut pertemuan persaudaraan dan dialog sejati. Tujuan bersama tidak membawa kita jauh dari kebenaran; agak, melewati pertukaran karunia, melalui bimbingan Roh Kudus, itu akan membawa kita ke dalam seluruh kebenaran (bdk. Yoh 16:13).

5. Namun bahkan, ketika kami melakukan perjalanan ini menuju persekutuan penuh, kita sudah memiliki tugas untuk menawarkan saksi umum, untuk kasih Allah bagi semua orang dengan bekerja bersama-sama dalam pelayanan kemanusiaan, terutama dalam membela martabat pribadi manusia pada setiap tahap hidup dan kesucian keluarga berdasarkan perkawinan, dalam mempromosikan perdamaian dan kebaikan bersama, dan dalam menanggapi penderitaan yang terus menimpa dunia kita. Kita mengakui bahwa kelaparan, kemiskinan, buta huruf, distribusi adil sumber daya; harus terus dibenahi. Merupakan tugas kita untuk membangun bersama-sama masyarakat adil dan manusiawi di mana tidak ada yang merasa dikucilkan atau di emarginasi.

6. Ini adalah keyakinan yang mendalam bagi kita, bahwa masa depan umat manusia juga tergantung pada bagaimana kita menjaga – dengan hati-hati dan penuh kasih, dengan keadilan dan kejujuran - karunia penciptaan bahwa Pencipta kita telah mempercayakan kepada kita . Oleh karena itu, kita mengakui dalam pertobatan, penganiayaan yang salah kepada planet kita, yang sama saja dengan dosa di hadapan mata Allah. Kami menegaskan kembali tanggung jawab dan kewajiban, untuk menumbuhkan rasa kerendahan hati dan moderasi, sehingga semua mungkin merasa perlu untuk menghormati dan untuk menjaga ciptaan dengan hati-hati. Bersama-sama, kami menjanjikan komitmen kami untuk meningkatkan kesadaran tentang penatalayanan penciptaan; kami menghimbau kepada semua orang niat baik untuk mempertimbangkan cara-cara hidup yang mengurangi pemborosan dan lebih sederhana, mewujudkan pengurangan keserakahan dan lebih murah hati untuk melindungi dunia milik Allah dan kepentingan umat-Nya.

7. Ada juga kebutuhan mendesak untuk keefektifan dan komitmen kerja sama Kristiani, dalam rangka untuk menjaga di manapun, hak untuk mengekspresikan iman publik seseorang dan diperlakukan secara adil ketika mempromosikan apa yang Kekristenan terus tawarkan kepada masyarakat kontemporer dan budaya. Dalam hal ini, kami mengundang semua orang Kristen untuk mempromosikan dialog otentik dengan Yudaisme, Islam dan agama-agama lain. Ketidakpedulian dan saling ketidaktahuan, hanya dapat menyebabkan ketidakpercayaan dan sayangnya bahkan konflik.

8. Dari kota suci ini Yerusalem, kami mengungkapkan keprihatinan yang mendalam bagi kita bersama untuk situasi umat Kristiani di Timur Tengah dan hak mereka untuk tetap menjadi warga penuh tanah air mereka. Dalam kepercayaan, kita beralih kepada Tuhan Yang Mahakuasa dan penuh belas kasihan dalam doa bagi perdamaian di Tanah Suci dan di Timur Tengah pada umumnya. Kami terutama berdoa bagi Gereja-gereja di Mesir, Suriah, dan Irak, yang telah menderita paling menyedihkan karena peristiwa baru-baru ini. Kami mendorong semua pihak terlepas dari keyakinan agama mereka, untuk terus bekerja bagi rekonsiliasi dan untuk hanya pengakuan hak-hak masyarakat. Kami yakin bahwa itu bukan senjata, tapi dialog, pengampunan dan rekonsiliasi adalah satu-satunya cara yang mungkin untuk mencapai perdamaian.

9. Dalam konteks sejarah yang ditandai oleh kekerasan, ketidakpedulian dan egoisme, banyak pria dan wanita saat ini merasa bahwa mereka telah kehilangan arah mereka. Justru melalui kesaksian bersama kabar baik dari Injil, bahwa kita mungkin dapat membantu orang-orang waktu kita untuk menemukan kembali cara yang mengarah pada kebenaran, keadilan dan perdamaian. Persatuan dalam intensi kita, dan mengingat contoh, lima puluh tahun yang lalu di sini di Yerusalem, Paus Paulus VI dan Patriarkh Athenagoras, kami menyerukan kepada semua orang Kristen, bersama-sama dengan orang percaya dari setiap tradisi agama dan semua orang yang berkehendak baik , untuk mengakui urgensi jam yang memaksa kita untuk mencari rekonsiliasi dan persatuan umat manusia, sementara sepenuhnya menghormati perbedaan yang sah, untuk kebaikan seluruh umat manusia dan generasi mendatang.

10. Dalam melakukan ziarah berbagi ke situs, di mana kita satu sama Tuhan Yesus Kristus disalibkan, dimakamkan dan bangkit kembali, kita dengan rendah hati memuji dengan perantaraan orang kudus dan Maria yang selalu perawan dalam langkah masa depan kita di jalan menuju kepenuhan kesatuan, mempercayakan kepada kasih Tuhan yang tak terbatas kepada seluruh umat manusia.

"TUHAN menyinari engkau dengan wajah-Nya dan memberi engkau kasih karunia; 6:26 TUHAN menghadapkan wajah-Nya kepadamu dan memberi engkau damai sejahtera! " (Bil 6:25-26).


Yerusalem, 25 Mei 2014
 
Toggle Footer
Top