0 komentar

10 Alasan Selibat Imamat

Bagi budaya obsesi seksual kita, selibat imamat tampaknya merupakan ajaran keras dari Gereja, beban berat yang harus ditanggung dengan grit asketis dan tekad besi.

Tapi itu bukan bagaimana paus dari abad kedua puluh melihatnya. Dalam perkataan mereka, selibat adalah "ornamen terpilih imamat kita" (Pius X), "salah satu kemuliaan paling murni dari imam Katolik" (Pius XI), dan disiplin yang membuat seluruh kehidupan imam "bergema dengan kemegahan kesucian suci "(Yohanes XXIII). Kata-kata mulia sepert ini terinspirasi oleh alasan teologis yang kaya dan mendalam untuk selibat imamat - alasan diingat sebagai perdebatan lama di atasnya telah berkobar ke dalam berita. Berikut adalah sepuluh dari mereka:


1. Imam sebagai figur Kristus. Di atas segalanya, imam Katolik adalah alter Christus-"Kristus yang lain." Ini jelas dalam pengorbanan Misa, ketika imam bertindak dalam pribadi Kristus dalam mempersembahkan Ekaristi. Selibat mengkonfigurasi imam menjadi lebih sempurna kepada Kristus, yang menjalani kehidupan secara sempurna. Jadi mereka tidak hanya "berpartisipasi dalam jabatan imam-Nya" tetapi juga berbagi "kondisi hidup-Nya," Paus Paulus VI menulis dalam ensiklik Sacerdotalis Caelibatus.

2. Pernikahan kepada Gereja. Dalam Alkitab, Gereja sering digambarkan sebagai Mempelai Wanita dari Kristus. Dalam selibat, Imam, sebagai alter Christus, merupakan saksi hidup untuk pernikahan Kristus dengan Gereja-Nya. "Dalam keperawanan atau selibat, manusia sedang menunggu, juga secara badaniah, yang ... pernikahan Kristus dengan Gereja, memberikan diri (bagi pria dan wanita) dengan sepenuhnya kepada Gereja dengan harapan bahwa Kristus memberikan diriNya untuk Gereja dalam seluruh kebenaran kehidupan kekal. Orang selibat mengantisipasi dalam daging (pria dan wanita) dunia baru dalam kebangkitan di masa depan, " Yohanes Paulus II menulis dalam konstitusi kerasulannya Familiaris Consortio.

3. Bapak Spiritual. Melalui selibat, imam menyerahkan diri sepenuhnya untuk melayani Allah dan Gereja-Nya. Sama seperti seorang ayah yang secara unik didedikasikan untuk anak-anaknya, demikian juga imam harus didedikasikan untuk umatnya. Sebagai salah satu imam Yesuit di Universitas Georgetown baru-baru ini berkata di Washington Post: "Saya tidak memiliki anak biologis saya sendiri, tapi saya memiliki lebih dari 6.000 di sini di kampus utama Georgetown! Saya memiliki banyak putra dan putri yang memanggilku 'Bapa.' "Yohanes Paulus II menggambarkan ini sebagai "berbagi tunggal dalam kebapaan Allah" (Pastores Dabo Vobis).

4. Selibat sebagai pengorbanan. Dalam melepas kehidupan pernikahan, Imam juga menghubungkan dirinya dengan pengorbanan Kristus di kayu Salib. "Dalam cara yang sama, dengan sekarat setiap hari bagi dirinya sendiri dan dengan memberikan legitimasi kasih dari keluarga sendiri untuk kasih Kristus dan kerajaan-Nya, imam akan menemukan kemuliaan hidup yang sangat kaya dan berbuah di dalam Kristus , karena seperti Dia dan di dalam Dia, ia mencintai dan mendedikasikan dirinya untuk semua anak-anak Allah," Paulus VI menulis. Hal ini pada akhirnya adalah tujuan seksualitas manusia - menjadi "tanda ikhlas dan pelayanan yang mulia untuk cinta persekutuan dan penyerahan diri kepada orang lain," tulis Santo Paus Yohanes Paulus II di Pastores Dabo Vobis.

5. Selibat sebagai kemurnian malaikat. Selibat bukanlah hanya tindakan pengorbanan. Ini juga merupakan tanda kesucian. Sama seperti Kristus mempersembahkan diri-Nya sebagai korban murni dan bersih, sehingga harus imam. Selain itu "kemurnian hati dan kesucian hidup" serasi dengan "kesungguhan dan kekudusan" dari jabatan, Paus Pius XI menulis di ensiklik Ad Catholici Sacerdotii. Beberapa telah menggambarkan kemurnian dunia lain ini sebagai malaikat: "Imam harus begitu murni, jika ia diangkat dan ditempatkan di surga itu sendiri, ia mungkin mengambil tempat di tengah-tengah para malaikat," kata Santo Yohanes Krisostomus.

6. Kesendirian sebagai penghubung kepada Kristus. Bahkan kesendirian seorang imam mungkin mengalami kesatuannya yang lebih erat dengan Kristus, menurut Paulus VI: "Pada saat kesendirian akan membebani seorang imam, tetapi ia tidak akan menyesal karena alasan itu yang dengan bermurah hati memilih itu. Kristus, juga, pada jam-jam yang paling tragis dalam hidup-Nya telah sendirian - ditinggalkan oleh orang-orang yang telah dipilih sebagai saksi, dan sahabat hidup-Nya, dan kepada siapa Ia mencintai hingga akhir - tetapi Dia menyatakan, "Aku tidak sendirian, karena Bapa menyertai aku.”

7. Waktu untuk berdoa. Seperti lamanya waktu bagi mereka yang telah menikah untuk menghabiskan waktu dalam doa, imam harus mencurahkan lebih banyak, Bapa Gereja mengajarkan, menurut teolog Katolik Ukraina Roman Cholij. Salah satu dasar pandangan ini adalah 1 Korintus 7:5, di mana St Paulus memberikan nasihat kepada mereka yang sudah menikah: "Janganlah kamu saling menjauhi, kecuali dengan persetujuan bersama untuk sementara waktu, supaya kamu mendapat kesempatan untuk berdoa. Sesudah itu hendaklah kamu kembali hidup bersama-sama, supaya Iblis jangan menggodai kamu, karena kamu tidak tahan bertarak." Oleh karena itu para imam, yang tidak memiliki orang lain untuk "kembali", harus memiliki lebih banyak waktu untuk berdoa

8. Kesempurnaan imamat Israel. Katolik melihat kembali kepada imam-imam Perjanjian Lama sebagai pelopor. Mereka memahami bahwa imamat tidak berakhir dengan Kristus - itu terlahir kembali dan diperbarui melalui Dia. Dalam Perjanjian Lama, para imam Lewi diizinkan untuk menikah, tapi selibat diperlukan saat mereka yang bertugas di tempat kudus. Untuk para Bapa Gereja, imam Katolik adalah "kesempurnaan" imamat Lewi, menurut Cholij. "Oleh karena itu ... jika orang-orang Lewi mempraktekan penahanan diri secara kontemporer ketika di tempat kudus, jauh lebih harus Imam Kristen, untuk selalu siap melayani, praktek penahanan diri," tulis Cholij.

9. Detasemen dari dunia. Selibat adalah salah satu contoh dari satu detasemen yang lebih luas dari segala sesuatu dari dunia ini - sesuatu yang diperlukan untuk imam "untuk mengikuti Tuan Ilahi dengan lebih mudah dan cepat," menurut Paus Pius XII dalam seruan apostolik Menti Nostrae. "Kesucian sendiri membuat kita mengetahui apa tuntutan panggilan ilahi kita, orang yang disalibkan kepada dunia dan kepada siapa dunia telah disalibkan, laki-laki berjalan dalam hidup yang baru yang ... hanya mencari hal-hal sorgawi dan berusaha dengan segala cara untuk memimpin orang lain kepada mereka," Pius X menulis dalam seruan apostoliknya, Haerent Animo.


10. Sebuah tanda hidup dari surga. Di surga, pria akan tidak kawin dan dikawinkan sebaliknya juga wanita, mereka akan menjadi seperti malaikat, sebagaimana Kristus Yesus mengatakan dalam Matius 22:30. Dalam cara yang khusus, selibat membuat imam menjadi saksi hidup untuk realita masa depan ini. Seperti Paulus VI katakan, selibat imamat "menyatakan kehadiran di bumi dari tahap akhir keselamatan dengan kedatangan dunia baru, dan dalam cara mengantisipasi pemenuhan kerajaan seperti yang ditetapkan selanjutnya pada nilai tertingginya yang pada suatu hari bersinar dalam semua anak-anak Allah.

Vivit Dominus in cuius Conspectu sto.
Tulisan ini karya dari Stephen Bale, seorang Katolik eks Protestan Evangelisasi dan salah satu kontributor dalam website catholicexchange.com
 
Toggle Footer
Top