0 komentar

Sudahkah Vatikan II Secara Sempurna Mengikat Setiap Katolik?

Oleh: William Doino JR.
Diterjemahkan bebas oleh: Gerhand Wang

Diluncurkannya sebuah karya baru saat Konsili Vatikan II di Roma, Kardinal Walter Brandmuller, Presiden Emeritus Komite Kepausan untuk Sejarah Sains, mengumumkan bahwa dekrit Vatikan II tentang agama-agama non-Kristen (Nostra Aetate) dan Kebebasan Beragama (Dignitatis Humanae) "tidak memiliki kandungan doktrin yang mengikat, sehingga seseorang dapat berdialog tentang mereka."



Sebuah komentar- yang dilihat sebagai isyarat kepada Serikat Santo Pius X (SSPX), yang sekarang dalam perundingan dengan Takhta Suci perihal kemungkinan rekonsiliasi – kontroversi prov. Beberapa tradisionalis menyambutnya sebagai tanda bahwa kritik mereka tentang dokumen-dokumen selalu benar, sedangkan Budayawan Katolik; Dr. Jeff Mirus segera memperingatkan: "Meskipun memang benar bahwa 'Konstitusi Dogmatis' adalah dokumen yang lebih berbobot ketimbang sebuah 'deklarasi' dan lebih memungkinkan untuk menangani secara ekstensif berkaitan dengan isu-isu doktrinal, ini tidak berarti bahwa suatu deklarasi tidak dapat memiliki konten doctrinal, yang mana umat beriman harus menyetujuinya." Dia kemudian secara persuasif menjelaskan mengapa, yang berkaitan dengan ajaran Vatikan II tentang agama-agama non-Kristen dan kebebasan beragama .

Dalam keadilan kepada Kardinal Brandmuller, ia juga menegaskan bahwa semua dokumen konsili "harus ditanggapi secara serius sebagai ungkapan Magisterium hidup, "dan salah satu rekan-penulis, yaitu Uskup Agung Agostino Marchetto, menambahkan pentingnya: "Disana harus ada penerimaan oleh Konsili bagi mereka yang ingin bersatu kembali dengan Gereja. Saya tidak berpikir SSPX bisa mengatakan, 'Ya, kita akan mengatur ini atau dokumen yang disamping."

Menggarisbawahi poin tersebut ialah sebuah essay di Osservatore Romano; Desember 2011 lalu. Ditulis oleh Mgr. Fernando Ocariz, yang telah terlibat langsung dalam perundingan dengan SSPX, dengan berhati-hati mengikuti pelaku yang ditata oleh Paus Benediktus dalam pembicaraan yang terkenal tentang "Hermeneutika Reformasi, Pembaharuan dalam Kontinuitas." Analisis Ocariz, mencatat Mirus, "mengatakan hal yang persis sama " bahwa umat beriman Katolik telah mengatakan selama bertahun-tahun tentang Vatikan II , yaitu :

Sejak, itu merupakan sebuah konsili ekumenis, pertemuan dan menyebarkan tindakan untuk segenap Gereja di bawah otoritas Paus, kalimat doktrin Konsili Vatikan II menuntut persetujuan dengan cara berikut :

1. Setiap kali sebuah Konsili mengajarkan sesuatu tentang iman dan moral, apa yang diajarkan adalah benar, baik melalui catatan khusus infalibilitas atau dari pengajuan agama pikiran dan akan berutang kepada Magisterium Ordinari.

2. Jika ajaran tersebut tentang iman atau moral, yang tampaknya beberapa hal bertentangan dengan ajaran-ajaran sebelumnya, masalahnya bukan dengan kredibilitas pernyataan Konsili, tetapi dengan pemahaman kita tentang ajaran penuh Gereja, yang mana pernyataan Konsili adalah bagian yang tak terelakkan .

3. Metode yang tepat menuntut, bahwa pemahaman tentang hal-hal yang bersangkutan akan menemukan, penerimaan kebenaran dari semua pernyataan yang relevan. Kemudian pernyataan dapat diterangi oleh orang-orang yang sebelumnya, dan pernyataan sebelumnya dapat diterangi oleh yang kemudian, hingga pemahaman yang lebih lengkap dan tepat pun terbentuk.

4. Ketika Konsili tidak mengajarkan hal-hal yang berkaitan dengan iman dan moral, seperti ketika Konsili menggambarkan kondisi kontemporer atau menawarkan rekomendasi untuk perpanjangan, laporan harus diterima dengan hormat dan rasa terima kasih tetapi tidak selalu sempurna baik akurasi faktual atau kehati-hatian mereka penghakiman .

5. Ini mengikuti bahwa setiap argumen yang melemahkan pemahaman tersebut, baik berdasarkan kepentingan pastoral Konsili atau faktor lainnya, bermuka dua.

Menangani seluruh isu tersebut telah berhasil dengan SSPX (atau umat Katolik lainnya yang memiliki pertanyaan tentang Vatikan II) akan bertindak baik, kesabaran dan doa. Namun untuk umat beriman Katolik, dengan ditekankan oleh Mgr . Ocariz, hanya ada satu suara yang handal dalam analisis akhir: "Sebuah interpretasi otentik dari teks Konsili hanya dapat dilakukan oleh Magisterium Gereja sendiri." 

William Doino Jr adalah seorang kontributor Majalah Vatikan, di antara banyak terbitan lainnya, dan sering menulis tentang agama, sejarah dan politik, ia juga adalah seorang admin website First Things. Dia berkontribusi secara ekstensif pada bibliografi kerja Paus Pius XII untuk The Pius War: Responses to the Critics of Pius XII.

Vivit Dominus in cuius conspectu sto.
 
Toggle Footer
Top