0 komentar

Katekese Singkat Tentang Tahun Iman


Paus Benediktus pada tanggal 11 Oktober 2012 tepatnya pada hari ini mencanangkan awalnya Tahun Iman. Tahun Iman ini didedikasikan sebagai tahun bagi pewarta-pewarta Sabda Tuhan. Rasul Paulus mengatakan, dari mana datangnya Iman. Iman datang dari sebuah pewartaan, ketika seseorang mendengarkan, mengenal dan mulai mengimani (Rm10:14-15). Tahun Iman adalah tahun untuk mewartakan Iman, Iman bisa kita wartakan dari yang kecil misalnya melalui kata-kata,tingkah laku, kesaksian hidup. 

Paus Benediktus XVI mengatakan bahwa seorang yang beriman adalah seorang yang menciptakan kebenaran yang dapat dimengerti dan tidak bertentangan dengan akal budi. Iman bukan suatu alat penindasan, untuk mempertahankan seseorang atau kelompok dibawah kuk otoritas dan perbudakan tapi sebaliknya! Iman membantu kita untuk melihat hal-hal pilihan yang berbeda, lebih obyektif dan tidak subjektif .

Paus Benediktus XVI menyatakan bahwa Tahun Iman adalah tahun untuk mengingatkan jati diri Gereja yang aslii, yakni tugas utamanya untuk mewartakan Sabda Tuhan dan Kasih Tuhan yang begitu besar kepada dunia. Maka dengan kata lain Tahun Iman merupakan tahun yang spesial bagi para Blogger Katolik terutama bagi para Misionaris yang mewartakan Injil Suci kepada setiap orang. Paus Benediktus XVI juga mengucapkan terima kasih kepada para Missionaris yang telah mewartakan jalan Iman dan kehidupan setiap orang yang sedang mencari terang sesungguhnya yaitu Kristus. 


Dominus illuminatio mea!
 
Toggle Footer
Top