0 komentar

Para Kudus dan Minuman Bir


Ada ratusan riwayat hidup para kudus didalam Gereja Katolik yang memiliki kisah menarik, para kudus begitu istimewa didalam kehidupan gereja. Apa yang membuat santo-santa begitu istimewa? Mereka manusia seperti kita juga: hidup, berjuang, berbuat kesalahan dan sifat-sifat manusiawi lainnya. Yang membedakan mereka dari manusia kebanyakan adalah: mereka selalu mengejar kesempurnaan dalam hidup kekudusan dan selalu memancarkan kasih Allah dengan mencintai orang-orang disekitar mereka. Dari sekian banyak, riwayat hidup para Kudus beberapa dari mereka ada yang begitu dekat dengan minuman Beer. Bagaimana bisa seorang santo dekat dengan minuman Bir yang dapat memabukkan orang? Ada kebiasaan pada abad pertengahan dalam masa Prapaskah, bagi para biarawan dan kanon reguler untuk menenggak minuman Bir, hal ini dikarenakan pada masa itu kebiasaan berpuasa sangatlah ketat, sehingga mereka mulai mencari minuman fortifikasi sebagai salah satu santapan mereka setelah matahari terbenam. Berikut adalah artikel terjemahan dari situs catholicgentleman.net, di artikel ini pun akan disertai doa pemberkatan minuman Bir dalam bahasa Indonesia (tidak resmi) dan bahasa Latin yang diambil dari Rituale Romamum. Rituale Romanum dalam bahasa Latin berbentuk file pdf bisa download disini (silahkan klik), dan dibuka pada halaman 359.

"Dari keringat manusia dan kasih Allah, bir datang ke dunia." - Santo Arnulf dari Metz

Ah, bir. Buatan yang diberkati Ini adalah salah satu kesenangan besar dalam kehidupan dan tanda tak terbantahkan dari kasih Allah yang besar bagi kita.

Diseduh oleh biarawan selama berabad-abad, bir selalu memiliki hubungan yang dekat dengan Katolisisme. Bahkan, Gereja Bunda Suci telah membuktikan cintanya pada minuman ini dengan mengabadikan pemberkatan resmi Bir dalam teks-teks Ritual Romawi.

Hari ini, saya ingin membagikan 5 orang kudus yang memiliki kehormatan bernamakan santo pelindung seni mulia pembuatan Bir.

1. Santo Arnold dari Metz - Mungkin yang paling terkenal dari para pelindung pembuat bir adalah Santo Arnulf dari Metz. Santo Arnulf adalah seorang uskup dan penasihat Raja Theudebert II dari Austrasia. Setelah kematiannya di biara Remiremont, umat dari mantan keuskupannya dari Metz, yang telah menghormati dia sebagai orang kudus, pergi untuk mendapati tubuhnya. Perjalanannya merupakan saat terpanas tahun itu, dan umat paroki siap pingsan kehausan. Salah seorang jemaat, yang bernama Duc Notto, berseru, "Dengan perantaan yang penuh dari Arnold yang terberkati akan membawa kita pada apa yang tidak kita miliki." Dengan ajaibnya, pasokan bir terisi ulang dan bertahan hingga mereka kembali pulang.

2. Santo Gambrinus - Pertama-tama, Santo Gambrinus sebenarnya bukanlah seorang santo. Bahkan, tidak jelas apakah dia adalah orang yang nyata atau hanya sebuah mitos berdasarkan tokoh nyata. Namun demikian, Santo Gambrinus mewujudkan kenikmatan gembira alkohol, dan bahkan telah dikreditkan oleh beberapa orang menjadi penemu bir. Beberapa orang mengatakan, ia belajar seni pembuatan bir dari para dewa, dan yang lain mengatakan ia hanya seorang pria yang bisa turun dalam jumlah epik bir. Terlepas dari itu, dia terkenal dalam cerita rakyat Eropa yang melambangkan kegembiraan yang dibawa oleh minuman terberkati.

3. Santo Agustinus – Doktor Rahmat ini adalah santo pelindung bagi banyak hal, tidak sedikit diantaranya adalah orang-orang yang berlatih dalam seni pembuatan bir. Meskipun tidak jelas bagaimana ia mencapai kehormatan ini, kemungkinan melalui konversi yang mendalam di mana ia berubah dari jiwa yang liar, mabuk, dan hilang menjadi seorang uskup yang kudus dan sederhana.

4. Santo Lukas Penginjil - Ya, ini adalah Santo Lukas yang menulis Injil Lukas. Orang kudus ini adalah pelindung segala sesuatu dari tukang emas lalu pembuat renda hingga pematung - dan ia juga santo pelindung lain dari Bir. Kalau ada yang bisa menjelaskan kepada saya hubungan antara Santo Lukas dan pembuatan bir, saya akan sangat berterima kasih!

5. Santo Wenceslaus - Dikenal karena sedekah heroik dan kasih sayangnya bagi orang buangan, Santo Wenceslaus dihormati segera setelah kemartirannya pada tahun 935 M. Anda mungkin pernah mendengar tentang raja yang baik ini sebelumnya, karena kehidupannya yang kudus yang dirayakan dalam lagu, tetapi Anda mungkin tidak tahu dia juga merupakan santo pelindung bir. Sekarang Anda lakukan.

Doa pemberkatan Bir

Bahasa Indonesia
I:  Pertolongan kita dalam nama Tuhan.
U: Yang menjadikan langit dan bumi.
I: Tuhan bersamamu.
U: Dan bersama rohmu.

Marilah berdoa:
Berkatilah, + Ya Tuhan, bir yang dibuat ini, yang kepadanya Engkau berkenan untuk dihasilkan dari lemak biji-bijian: yang akan menjadig obat yang bermanfaat bagi umat manusia, dan menganugerahkan seruan pada nama-Mu yang kudus, yang barangsiapa meminumnya, dapat memperoleh kesehatan tubuh dan ketenangan dalam jiwa. Demi Kristus, Tuhan kami. Amin.

Bahasa Latin
V. Adjutorium nostrum in nomine Domini.
R. Qui fecit caelum et terram.
V. Dominus vobiscum.
R. Et cum spiritu tuo.

Oremus:
Bene+dic, Domine, creaturam istam cerevisae, quam ex adipe frumenti producere dignatus es: ut sit remedium salutare humano generi: et praesta per invocationem nominis tui sancti, ut, quicumque ex ea biberint, sanitatem corporis, et animae tutelam percipiant. Per Christum Dominum nostrum. Amen.

KESIMPULAN
Pembuatan bir selalu dihormati sebagai seni yang mulia dan terhormat, dan selama berabad-abad, banyak para ahli pembuat bir menyerukan kepada para pelindung ini untuk membantu mereka dalam kerajinan mereka. Apakah Anda sedang mengambil rumah pembuatan bir atau hanya menikmati bir, Anda tidak salah dengan memohon perantaraan orang kudus. Cheers!

Dominus illuminatio mea!
 
Toggle Footer
Top