0 komentar

Doa Sembilan Hari Kunjungan Paus Fransiskus Ke Yerusalem 2014



Mengenai ziarah Paus Fransiskus yang sudah dekat, muncullah inisiatif untuk mengusulkan memulai doa sembilan hari untuk bersiap sebelum kedatangan Paus.

Dari tanggal 14-22 Mei 2014, Gereja-gereja Kristen dan masyarakat Yerusalem akan mempersiapkan dan mendukung ziarah rohani serta pertemuan Paus Fransiskus dan Patriarkh Bartholomeus di Kota Suci pada tanggal 25 dan 26 Mei 2014 dengan sembilan hari berdoa. Pertemuan ini terbentuk lima puluh tahun setelah pertemuan bersejarah antara Paus Paulus VI dan Patriarkh Athenagoras di Yerusalem , yang menandai awal yang baru dan positif dalam hubungan antara Ortodoks dan Gereja Katolik .

Sembilan hari persiapan terdiri dari doa individual dan doa komunitas di lokasi suci, puasa, ibadah dan amal baik. Doa komunitas akan diselenggarakan pada gilirannya oleh Gereja-gereja yang berbeda di Kota Suci, dengan segenap komunitas Kristen lainnya diundang untuk bergabung.

Berikut adalah program doa persiapan selama sembilan hari yang dilakukan oleh masyarakat dan komunitas Kristen di Yerusalem (Tambahan dari Katolisitas Indonesia):

Rabu, 14 Mei, 2014
Hari didedikasikan untuk puasa
15.00 Doa penghormatan Salib Suci (doa individual (di Kapel Ortodoks Yunani di Golgota)
16.00 Doa Malam di Kapel Santo Mikael Orthodoks Ethiopia

Kamis, 15 Mei, 2014
Hari didedikasikan untuk adorasi Sakramen Mahakudus
15.00 Adorasi di gereja-gereja di mana Sakramen Mahakudus disimpan
18.00 Jalan Salib diikuti dengan adorasi di Patriarkat Katolik Armenia, stasiun salib nomor 4

Jumat, 16 Mei, 2014
Hari didedikasikan untuk doa komunitas Kristen demi persatuan.
Kunjungan ke anggota keluarga atau teman, bagi orang sakit yang membutuhkan
17.00 Doa Ekstraordinaria untuk persatuan di gereja Lutheran Sang Penebus

Sabtu, 17 Mei, 2014
Hari didedikasikan untuk puasa
15.00 Penghormatan Salib di Gereja Ortodoks Koptik Santa Elena di stasiun salib nomor 9
17.00 Doa Rosario yang disertai Misa di Gereja Katolik Suriah Santo Thomas.

Minggu, 18 Mei, 2014
Hari didedikasikan untuk adorasi Tubuh dan Darah Kudus Tuhan kita
15.00 Adorasi di Gereja Our Lady of the Kejang, stasiun salib nomor 4
18,45 Ibadat Vesper diikuti oleh Adorasi di Gereja Katolik Latin Juruselamat.

Senin, 19 Mei, 2014
Hari didedikasikan untuk doa komunitas Kristen demi persatuan
Kunjungan ke anggota keluarga atau teman, untuk orang sakit yang membutuhkan
18.00 Doa Ekstraordinaria untuk persatuan di Gereja Ortodoks Suriah Santo Markus

Selasa, 20 Mei, 2014
Hari didedikasikan untuk puasa
15.00 Ibadat Vesper di Katedral Armenia Santo Yakobus
18.00 Ibadat Vesper di Gereja Ortodoks Koptik Santo Antonius

Rabu, 21 Mei, 2014
Hari didedikasikan untuk adoras Tubuh dan Darah kudus Tuhan kita
15.00 Solemn Adorasi di Biara Gereja Maronit
18.00 Doa Malam dan Jalan Salib di katedral Anglikan Santo Georgius

Kamis, 22 Mei, 2014
Hari didedikasikan untuk doa komunitas Kristen demi persatuan.
17.00 Doa Ekstraordinaria untuk persatuan dan Rosario di Co-Katedral Patriarkat Latin
18.00 Misa di Patriarkat Katolik Yunani

Diterjemahkan dari situs resmi Paus Fransiskus di Tanah Suci 2014

Marilah kita juga turut berdoa bersama umat Kristiani di Yerusalem supaya pertemuan ini semakin menumbuhkan tunas-tunas muda yang menghantar kita pada Persatuan Gereja Universal. Amin.

“Bapa yang kudus, bukan untuk mereka ini saja Aku berdoa, tetapi juga untuk orang-orang yang percaya kepada-Ku oleh pemberitaan mereka; supaya mereka semua menjadi satu, sama seperti Engkau, ya Bapa, ada di dalam Aku, dan Aku di dalam Engkau, agar mereka juga ada di dalam Kita, supaya dunia percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku. Aku telah memberikan kepada mereka kemuliaan yang Engkau berikan kepada-Ku, supaya mereka menjadi satu, sama seperti Kita adalah satu: Aku di dalam mereka dan Engkau di dalam Aku, supaya mereka sempurna menjadi satu, agar dunia tahu bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku, dan bahwa Engkau mengasihi mereka, sama seperti Engkau mengasihi Aku.

Ya Bapa, Aku mau supaya di mana pun Aku berada mereka juga berada bersama-sama dengan Aku, yakni mereka yang telah Engkau berikan kepada-Ku, agar mereka memandang kemuliaan-Ku yang telah Engkau berikan kepada-Ku, sebab Engkau telah mengasihi Aku sebelum dunia dijadikan. Ya Bapa yang adil, memang dunia tidak mengenal Engkau, tetapi Aku mengenal Engkau, dan mereka ini tahu, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku; dan Aku telah memberitahukan nama-Mu kepada mereka, dan Aku akan memberitahukannya, supaya kasih yang Engkau berikan kepada-Ku ada di dalam mereka dan Aku di dalam mereka.”
~ Yohanes 17: 20-26 

Ut Omnes Unum Sint! (Semoga mereka semua menjadi satu!)
Vivit Dominus in cuius conspectu sto (Allah hidup dan dihadirat-Nya aku berdiri)
 
Toggle Footer
Top