0 komentar

Respon Singkat Terhadap Takhta Antiokhia

Bapa Gereja purba yang menggunakan istilah "Katolik"
Salah seorang rekan Katolik saya di Facebook mengirimkan sebuah pertanyaan ke saya, tentang apakah betul bahwa Rasul Petrus pernah mendirikan Takhta di Antiokhia dan dia pun berkata bahwa bukankah suksesi Santo Petrus hanya berada di Roma saja, saya merasa tertarik untuk mempublikasikan tanggapan saya di blog ini.

Gereja perdana yang Satu, Kudus, Katolik dan Apostolik yaitu Gereja Katolik. Pada awalnya terdiri dari 3 kepatriakan dengan urutan yang paling pertama adalah Roma, Alexandria dan Antiokhia. Anda bisa menemukan perjalanan waktu Gereja Barat dan Timur disini dan disini. Gereja yang didirikan oleh Kristus sendiri tidak pernah diidentifikasi dengan istilah “orthodox” Bapa Gereja awal yang pertama kali menggunakan istilah GEREJA KATOLIK adalah St. Ignatius dari Antiokia. Beliau menurut tradisi Kristen adalah murid St. Yohanes Rasul dan konon beliau juga seorang anak yang pernah dipangku oleh Tuhan Yesusdalam Markus 9:36.

Kutipan dari tulisan St. Ignatius dari Antiokia kepada Jemaat di Smirna:
Wherever the bishop appears, let the people be there; just as wherever Jesus Christ is, there is the Catholic Church" (Letter to the Smyrneans 8:2 [A.D. 110])."Di mana ada uskup, hendaknya umat hadir di situ, sama seperti di mana ada Yesus Kristus, Gereja Katolik hadir di situ."
Hal ini secara tidak langsung menunjukkan bahwa sebelum masa St. Ignatius, istilah "Gereja Katolik" telah digunakan sebagai nama Gereja yang didirikan oleh Tuhan Yesus di ayat berikut.
Mat 16:18Dan Akupun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan GEREJA-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya.

Mt 16:18kagw de soi legw oti su ei petroV kai epi tauth th petra oikodomhsw mou thn EKKLHSIAN kai pulai adou ou katiscusousin authV (Perjanjian Baru Yunani - Stephanos 1550)

Mt 16:18And I say also unto thee, That thou art Peter, and upon this rock I will build my CHURCH; and the gates of hell shall not prevail against it. 
Kis 9:31Selama beberapa waktu Gereja di seluruh Yudea, Galilea dan Samaria berada dalam keadaan damai. Jemaat itu dibangun dan hidup dalam takut akan Tuhan. Jumlahnya makin bertambah besar oleh pertolongan dan penghiburan Roh Kudus.(Cat: "Jemaat" diganti jadi "Gereja")

Acts 9:31So the church throughout all Judea and Galilee and Samaria had peace and was built up; and walking in the fear of the Lord and in the comfort of the Holy Spirit it was multiplied.

Kis 9:31μεν ουν εκκλησια καθ ολης της ιουδαιας και γαλιλαιας και σαμαρειας ειχεν ειρηνην οικοδομουμενη και πορευομενη τω φοβω του κυριου, και τη παρακλησει του αγιου πνευματος επληθυνοντο.atau ini saja, terjemahan berbahasa Yunani yang lebih enak dibaca.

Acts 9:31ai men oun ekklhsiai kaq olhV thV ioudaiaV kai galilaiaV kai samareiaV eicon eirhnhn oikodomoumenai kai poreuomenai tw fobw tou kuriou kai th paraklhsei tou agiou pneumatoV eplhqunonto (Perjanjian Baru Yunani - Stephanos 1550).
Perhatikan ekklhsiai kaq olhV pada Kitab Suci berbahasa Yunani. Nah, kata tersebut kira-kira berbunyi "Ekklesia Katha Holos" yang diterjemahkan di Inggris menjadi "the church throughout all," dan diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia menjadi "Gereja di seluruh." Sehingga Istilah “Orthodox” tidak bisa pernah secara resmi mengacu kepada Gereja yang menamakan diri mereka Orthodox seperti ROCOR (Russian Orthodox Church Outside Russia) yang telah memisahkan diri dari Gereja Katolik. Jadi Gereja Orthodok adalah Gereja yg merujuk pada kodrat Gereja dalam Kredo Nicea kita, yaitu Gereja yang satu, kudus, katolik dan apostolik.

Sungguh tepat sekali dikatakan bahwa St. Petrus membangun suksesi Apostolik di Kepausan Antiokhia. Tetapi meskipun demikian, Primasi St. Petrus tetap berada di Kepausan Roma karena Roma adalah suksesor aktualnya dan sangat berhak mewarisinya. Setelah itu St. Petrus menyerahkan kepausan Antiokia kepada suksesornya yaitu St. Evodius, setelah itu dia menjadi Uskup Roma hingga akhirnya dia disalibkan terbalik dibukit Vatikan dan dimakamkan dibawah Basilika Santo Petrus di Vatikan. Berikut kutipan-kutipan dari St. Ignasius, Uskup Antiokia dan Theodoret, Uskup Cyrus (Cyrus berada di bawah yurisdiksi Antiokia).
"Ignatius, also called Theophorus, to the Church that has found mercy in the transcendent Majesty of the Most High and... which presides in the chief place of the Roman territory, a church worthy of God, worthy of honor... presiding in love, maintaining the law of Christ, and bearer of the Father's name: her [and her members -- EBB] do I therefore salute... who imperturbably enjoy the full measure of God's grace and have every foreign stain filtered out of them." + St. Ignatius of Antioch (c. AD 98-117) (Letter to the Romans, preface)

"I therefore beseech your holiness to persuade the most holy and blessed bishop (Pope Leo) to use his Apostolic power, and to order me to hasten to your Council. For that most holy throne (Rome) has the sovereignty over the churches throughout the universe on many grounds." -Theodoret, Bishop of Cyrus in Syria (450) (Theodoret, Tom. iv. Epist. cxvi. Renato, p. 1197).
Dominus illuminatio mea!
 
Toggle Footer
Top