Misa Kudus "Melampaui Ruang Dan Waktu"

Penghubung paling kentara dari ajaran Protestan dengan Katolik mengenai Misa adalah bahwa Kristus telah wafat “satu kali untuk semua” (Ibr 9:26-28; 10:10), yang atasnya Gereja akan berkata, “Amin!” Gereja telah selalu mengajarkan bahwa Korban tunggal Kristus dan Korban Ekaristi (Misa) adalah “satu korban tunggal”, dan bahwa Korban Ekaristi” menghadirkan lagi (menjadikan hadir)” Korban Kristus di Salib (Katekismus, no. 1366-67, penekanan asli). Bagaimana hal ini dapat terjadi? Allah Putra menciptakan ruang dan waktu sehingga Ia tidak terikat olehnya (Yoh 1:1-13).

Lima Cara Pertobatan Sejati

Apakah engkau ingin aku menyebutkan juga cara-cara tobat sejati? Ada banyak cara dan variasi, dan semuanya menghantarmu ke surga.

Cara tobat pertama adalah menggugat dosa-dosamu sendiri: Jadilah yang pertama mengakui dosa-dosamu, maka engkau akan dibenarkan. Karena alasan ini juga, pemazmur menulis: “aku berkata: `Aku akan mengaku kepada TUHAN pelanggaran-pelanggaranku,' dan Engkau mengampuni kesalahan karena dosaku.” Sebab itu, engkau juga patut mengakui dosa-dosamu sendiri; hal itu akan menjadikan cukup alasan bagi Tuhan untuk mengampunimu, sebab orang yang menggugat dosa-dosanya sendiri lebih lambat dalam melakukan dosa-dosa itu lagi. Bangkitkanlah nuranimu untuk menggugatmu dalam rumahmu sendiri, agar ia tidak menjadi pendakwamu di hadapan tahta pengadilan Tuhan.

Evangelisasi Orang Muda Katolik

Sudah tidak dapat dipungkiri lagi, dunia kini digoncangkan oleh sorak-sorai orang muda Katolik di bukit Corcovado (Rio De Janairo). Tema WYD 2013 (23-28 Juli 2013) kali ini yaitu memanggil orang-orang muda Katolik sedunia untuk menerima panggilan misi, hidup sebagai saksi Kristus yang bangkit. “Pergilah dan jadikanlah semua bangsa murid-Ku.” (Mat 28:19). Dari kutipan ini kita diajak untuk menjadi Missionaris bagi setiap orang yang membutuhkan kasih Tuhan. Seringkali kita berpikir sebagai orang muda Katolik, 'aku masih terlalu muda' seperti yang dikatakan oleh Nabi Yesaya. Allah tidak memandang orang dari umur, rupa dan jenis kelamin. Kita telah dibaptis didalam nama Kristus dan telah dicurahi rahmat penguatan dan pendewasaan Iman didalam Sakramen Krisma.

Patron World Youth Day 2013


Dunia saat ini sedang menantikan gegap gempita perayaan World Youth Day. Perayaan Hari Kaum Muda Sedunia, kali ini bertempat di Rio de Janeiro, Brazil yang akan berlangsung pada tanggal 23-28 Juli 2013. Pada hari yang penting ini, Gereja Katolik menetapkan 18 orang kudus yang terdiri dari 5 sebagai Pelindung (Patron) dan 13 Perantara Doa (Intercessor) bagi WYD 2013 ini agar para orang muda Katolik, mungkin terkesan iri kepada gaya hidup orang kudus. Dimana banyak anak muda di masa sekarang yang hidupnya dilanda ketidakkudusan, free sex, konsumerisme, masa bodoh dengan agamanya sendiri. Berikut ini daftar dan penjelasan singkat ke-18 orang kudus tersebut beserta doa-doa singkat yang berasal dari rio2013.com. Semoga teladan Para Kudus ini meneguhkan iman kita akan Yesus Kristus dalam Gereja-Nya yang kudus.

Surat Dari Biara St. Maron Kepada Paus Hormisdas

Pada tahun 517 AD, sejumlah besar biarawan meninggalkan biara St. Maron, dan pergi ke Biara St. Simon sang Stylite murid St. Maron dekat Alepo. Dalam perjalanan menuju biara itu mereka diangkap oleh sejumlah tentara pendukung bidaah monofisitisme (Kristus hanya memiliki satu kodrat, bertentangan pengajaran Katolik bahwa Kristus memiliki dua kodrat tak terpisah tak tercamput). Tiga ratus lima puluh biarawan dibunuh. Hanya sedikit yang selamat dan terluka dan berhasil melarikan diri. Kemudian Alexander pemimpin biara St. Maron dan pemimpin biara-biara di sekitarnya menulis kepada Paus Hormisdas dan memberitakan kepada Paus mengenai pembantaian oleh kaum Monofisit ini. Mereka juga mengatakan bahwa banyak biara dibakar dan meyakinkan Paus bahwa para biarawan tetap setia kepada Gereja Katolik dan tidak takut menderita kematian karena iman mereka. Surat Alexander ini sedikit banyak menunjukkan kepada otoritas yang dimiliki Paus dalam Gereja-gereja Timur, di masa ketika Gereja Antiokhia sedang berada dalam krisis besar otoritas Paus sebagai Patriarkh Gereja Universal nampak semakin jelas. Para biarawan dari St. Maron inilah yang kemudian berkembang menjadi suatu tradisi tersendiri yang kita kenal sebagai Gereja Maronit, satu-satunya Gereja Timur yang tidak memiliki badan Ortodoks yang terpisah dari Roma.

Kutipan Dari Konferensi Sacra Liturgia

Missa Solemnis - Basilica S. Apollinare -  De ssmo Eucharistiae
Pada 25-28 Juni 2013 lalu, dilangsungkan sebuah acara Konferensi Liturgi Kudus Internasional, di Roma, yang diselenggarakan oleh Tahta Suci, dalam rangka Tahun Iman, yang dihadiri oleh ratusan peserta lebih dari 30-an negara, dan pembicaranya dari beberapa Hirarki Gereja, yang mengerti secara benar apa itu Liturgi.

Kealkitabiahan Perayaan Misa Kudus



Berikut Katolisitas Indonesia, tampilkan beberapa buah ayat yang menunjukkan keAlkitabiahan Perayaan Ekaristi dari Kitab Wahyu. Semoga bermanfaat.
 
Toggle Footer
Top